SALAM PAPUA (TIMIKA) – Satu minggu setelah lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, harga beberapa komoditas di pasar sentral Timika, Papua Tengah, mulai berangsur turun.

Salah satu pedagang sayur di pasar sentral Timika, Wa Ode mengatakan bahwa cabai merah besar harganya mulai turun, dimana sebelumnya menyentuh harga Rp 110.000/kg, hari ini menjadi Rp 60.000/kg.

“Kemarin sebelum lebaran memang stoknya sedikit jadi dari agennya kita dikasih mahal, ini kapal sudah ada jadi barang sudah banyak,” ujarnya kepada salampapua.com, Sabtu (29/4/2023).

Namun dia mengaku masih ada juga komoditas yang harganya masih sama, seperti halnya bawang putih masih tetap Rp 45.000/kg.

“Bawang putih masih tetap harganya dari agen jadi kita belum kasih turun, ini tomat juga masih sama, tomat lokal masih mahal Rp. 30.000/kg,” jelasnya.

Pedagang lainnya Ida menyebutkan bahwa sayur-mayur harganya sudah turun karena  sudah ada pengiriman dari luar Timika.

Ia juga menjelaskan bahwa sudah dua hari ini pasar sepi pembeli, sehingga banyak penjual menurunkan harga cabai.

“Ya, biasa kalau kapal lama datang kita jual mahal, (saat ini) kapal sudah ada. Seperti wortel dan kentang kita ambil di distributornya kan murah, ya dijual murah. Saat ini pasar juga sepi jadi kita tidak tahan-tahan barang untuk dijual nanti malah busuk,” ujarnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy