SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Puskesmas (Kapus) Timika Jaya, Maria Y Rahangiar memastikan bahwa informasi berupa flyer Lowongan Kerja (Loker) Puskesmas Timika Jaya yang beredar di media sosial sejak tanggal 13 Juli 2023 adalah berita bohong (Hoaks).

"Kami di sini tidak membutuhkan tenaga kerja karena tenaga kami sudah cukup banyak, sudah 117 orang. Ini pasti orang-orang yang ingin mencari keuntungan dari cara-cara seperti ini," ungkapnya, Sabtu (15/7/2023).

Maria mengatakan, saat bertemu dengan beberapa pelamar terungkap bahwa pelaku penyebar informasi Loker memungut biaya sebesar Rp 50 ribu dan beberapa pelamar telah membayarnya.

Saat pelamar menelepon kembali nomor yang tertera di flyer Loker untuk menanyakan informasi lebih lanjut, pelamar dimintai Rp 50 ribu dan setelah mengirim uang nomor handphone pelamar telah diblokir.

"Oknum yang seperti ini sangat tidak bertanggung jawab, kasihan yang menjadi korban. Sayangnya masyarakat yang mendapatkan info tersebut sudah langsung membayar. Minta maaf saya tidak bertanggung jawab. Kami tegaskan bilamana kami membutuhkan pekerja, kami tidak akan memungut biaya apapun," tegasnya.

Menurut dia, hingga kemarin (14/7/2023), ada sekitar 15 berkas pelamar yang telah dikirimkan ke Puskesmas Timika Jaya.

"Sekarang harus berhati-hati banyak penipuan dengan berbagai macam cara untuk mencari keuntungan. Kalau hal-hal begini terjadi lagi coba cek langsung ke tempatnya untuk diketahui kebenarannya," imbaunya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy