SALAM PAPUA (TIMIKA) – Dalam rangka mendukung pelayanan pemerintah di bidang kesehatan, POLRI membangun RS Bhayangkara tingkat IV di Timika yang berlokasi di dekat Mabes Polres Mimika, Jalan Agimuga, Mile 32, Distrik Kuala Kencana.

Peletakan batu pertama pembangunan RS ini dilakukan Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri disaksikan Pj Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito, Ketua DPRD Mimika Anton Bukaleng, serta petinggi Pemkab dan Forkopimda lainnya di Mimika, Selasa (11/7/2023).

Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri menjelaskan, pembangunan RS tersebut merujuk pada banyaknya insiden termasuk perang suku dan gangguan KKB yang terjadi di wilayah Mimika dan Kabupaten di pegunungan sehingga mengorbankan aparat TNI-Polri dan masyarakat sipil. Atas kejadian-kejadian itu, Mimika menjadi daerah rujukan.

“RS Bhayangkara ini sebagai langkah dari Mabes Polri dalam membantu pemerintah daerah Mimika. Keberadaan RS Bhayangkara juga akan menerima rujukan dari wilayah pegunungan setelah adanya perang suku, gangguan KKB dan hal lainnya sehingga tidak lagi menumpuk di RSUD Mimika,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, mengingat pembangunan ini menggunakan APBN, maka diharapkan media di Timika ikut mengawasi supaya tidak ada penyalahgunaan anggaran oleh aparat kepolisian, ataupun pemborong sehingga niat dari pemerintah pusat untuk memberikan pelayanan yang baik bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy