SALAM PAPUA (TIMIKA) – Anggota DPRD Mimika, Drs. Leonardus Kocu mengaku geram lantaran  Pemkab Mimika tidak pernah menjawab secara jelas ketika ditanya soal pengelolaan dana desa.

Saat dihubungi via telepon, Kamis (24/8/2023), Leonardus mengatakan bahwa setiap pelaksanaan Rapat Paripurna pihaknya selalu meminta tanggapan tentang sejauhmana dan apa yang telah terwujud dari penggunaan dana desa di Mimika, namun jawabannya hanya “sementara dievaluasi”.

“Sejak saya duduk di kursi dewan selalu tanyakan hal itu, tapi tidak pernah ada jawaban jelas dari pemerintah. Kami sudah lakukan pertemuan bersama Pj Bupati dan saya secara khusus mengkritisi soal dana desa. Pj Bupati jawab apa yang saya sampaikan itu sangat benar. Pj Bupati punya sudut pandang yang sama,” ungkapnya.

Ia pun mendesak agar Pj Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito segera mengevaluasi seluruh pejabat yang menangani dana desa. Dalam hal ini, jika memang tidak punya kemampuan mengelola dana desa, harus diganti dengan figur lain yang benar-benar paham dan mau bertanggungjawab.

Dia mengungkapkan bahwa Pj Bupati Mimika juga mengetahui adanya tumpang tindih dalam kepengurusan dana desa di Mimika. Dimana dalam strukturnya ada operator, pembina dan pendamping, tapi tidak jelas dalam tugasnya.

“Semua pengurus itu harus dievaluasi supaya dana desa itu benar-benar berguna untuk masyarakat,” ujarnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy