SALAM PAPUA (TIMIKA) - Bulan Agustus yang merupakan bulan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia bagi warga Indonesia, PT Freeport Indonesia (PTFI) sebagai kontraktor Pemerintah turut merayakan HUT RI ke-78 bersama Pemerintah Daerah dan masyarakat umum di Kabupaten Mimika.

Untuk rencana berbagai kegiatan dalam perayaan HUT RI ke-78 yang digelar oleh PTFI, dipaparkan oleh Ketua Umum Panitia HUT RI ke-78 PTFI Birat Setyoko kepada awak media, yang diselenggarakan di Rumah Kopi Amungme Timika, Jumat malam (11/8/2023). Turut hadir pada kesempatan tersebut, Senior Vice President Community Development PTFI Nathan Kum, VP Community Relations Engel Enoch, dan Kepala Distrik Wania Kabupaten Mimika Richard Nelson Wakum.

Ketua Panitia HUT RI ke-78, Birat Setyoko mengatakan, program kegiatan HUT RI ke-78 PTFI tahun ini mencakup kegiatan Bakti Sosial di Kampung Nawaripi dan Kampung Waa Banti, Upacara Penaikan Bendera di Kuala Kencana dan Tembagapura, Pesta Rakyat Acara Kota berupa konser musik, berbagai hiburan, dan lain-lain.

Birat mengungkapkan, program Bakti Sosial sebelumnya telah digelar lebih awal di Kampung Waa Banti, pada (8/8/2023) lalu, dimana panitia HUT RI ke-78 PTFI bersama perwakilan Distrik Tembagapura dan TNI-Polri menggelar edukasi kesehatan bagi masyarakat Banti.

Sedangkan khusus untuk pelaksanaan Upacara Bendera di Kuala Kencana pada 17 Agustus mendatang, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) akan melibatkan Siswa Sekolah Yayasan Pendidikan Jayawijaya (YPJ), siswa Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP), siswa Papua Football Academy (PFA), dan karyawan PTFI.

“Rangkaian Program HUT RI ke-78 PTFI tahun ini juga akan melakukan peresmian fasilitas olah raga baru di Mimika Sport Compleks SP-5 Timika, yang akan dihadiri oleh Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas,” ungkap Birat dalam Pers Conference tersebut.

Sementara Senior Vice President Community Development PTFI, Nathan Kum menambahkan bahwa PTFI juga akan melakukan revitalisasi Patung Ukiran Kamoro yang berada di Bundaran Kuala Kencana Timika, dalam rangka mendukung pelestarian Budaya setempat.

"Yang menarik di sini, proses pengukiran patung ukiran Kamoro ini dibuat langsung oleh masyarakat Kamoro di bawah koordinasi Yayasan Maramowe yang merupakan yayasan binaan PTFI," ungkap Nathan Kum.

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan HUT RI ke-78 PTFI yang dilaksanakan di Timika dan Kuala Kencana terbuka untuk umum termasuk bagi masyarakat Mimika. Informasi lengkap kegiatan berupa poster sudah mulai dipajang di area Kuala Kencana.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy