SALAM PAPUA (TIMIKA) – Komisi C DPRD Mimika melaksanakan kunjungan kerja sebagai fungsi pengawasannya ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mimika, Selasa (12/9/2023).

Ketua Komisi C DPRD Mimika, Aloysius Paerong mengungkapkan bahwa BPBD Mimika belum memiliki kesiapan yang memadai dalam penanganan bencana.

“Kita lihat saja bagaimana BPBD ini kurang dalam peralatannya, mereka memiliki alat tetapi tidak bisa mengoperasikan, ini yang sangat disayangkan,” ujarnya.

Dalam Kunker tersebut Aloysius meminta kepada BPBD agar selalu siap 24 jam dalam melakukan penanggulangan bencana, seperti halnya personel yang selalu siaga dan peralatan yang siap dipakai.

“Sebenarnya penanggulangan bencana ini bisa bekerja dengan baik kalau kesiapan personel yang siap dan siaga selalu, tapi kalau di lapangan saja kurang personel maka kerja juga kurang maksimal,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala BPBD Mimika, Yosias Lossu menegaskan, memang banyak kesulitan yang dialami BPBD Mimika seperti di antaranya jumlah personel di lapangan yang masih minim, kurangnya pelatihan serta pembiayaan diberikan.

“Kami banyak meminta program di APBD Mimika, hanya saja sering dicoret dan tidak diindahkan, bahkan kita minta peralatan yang memadai tapi dicoret. Kami berharap dengan adanya Kunker ini, DPRD dapat mendorong dan mengawal usulan kami di APBD-P 2023, sehingga kerjaan kami bisa lebih maksimal,” ujarnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy