SALAM PAPUA (TIMIKA) - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika, dr. Antonius Pasulu menyampaikan sejak Januari hingga November 2023, RSUD Mimika telah menangani 364 pasien Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Pada awal Desember saja masih ada 8 yang kami rawat, anak 6 orang dan dewasa 2 orang, dominasi pada anak,” ujar dr. Anton, Selasa (12/12/2023).

Ia menjelaskan, puncak tertinggi kasus DBD pada tahun 2023 ada di bulan Mei sebanyak 46 kasus, kemudian berangsur-ansur turun di bulan berikutnya hingga hari ini.

“Dari bulan Mei 46 kasus sedangkan bulan November 28 kasus, memang datanya menurun tapi ya masih ada kasusnya,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, pada kasus DBD di bulan Februari ada satu orang dinyatakan meninggal dunia, namun memang saat melakukan pemeriksaan di RSUD pasien sudah dalam kondisi Dengue shock syndrome (DSS).

“Proses terjadinya DSS Demam pada DBD umumnya terjadi selama 2 sampai 7 hari dan menurun setelahnya. Namun hati-hati, justru komplikasi biasanya terjadi pada fase ini. Jadi yang kita takutkan itu komplikasinya,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy