SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, Reynold Rizal Ubra mengatakan bahwa setiap ditemukan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) pada suatu wilayah maka pihaknya melalui Puskesmas di wilayah tersebut akan melakukan Fogging (pengasapan) untuk menekan nyamuk berkembangbiak.

“Setiap ada kasus DBD pada wilayah tersebut maka Puskesmas setempat harus melakukan fogingg, ini sudah menjadi keharusan,” ujarnya kepada salampapua.com saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (26/2/2024).

Rey menjelaskan, dalam bulan ini laporan yang telah masuk, untuk setiap Puskesmas bisa 4 sampai 5 kali melakukan fogging, laporan ini dari Puskesmas Kota hingga SP2.

“Kami terima laporan per-bulan ini setiap Puskesmas melakukan fogging 4 sampai 5 kali. Ini membuktikan Dinkes selalu melakukan antisipasi peningkatan kasus DBD,” jelasnya.

Namun Dia berharap semua masyarakat selalu memperhatikan kebersihan lingkungan, karena semua kasus bukan hanya tanggungjawab Dinkes, namun juga menjadi tanggungjawab semua masyarakat.

“Tim kami selalu lakukan pemantauan di lapangan, saya selalu imbau untuk menjaga lingkungan, menjaga tempat berkembangnya nyamuk. Kalau masyarakat tidak sadar akan lingkungan, kasus ini susah untuk ditekan,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy