SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Mimika kembali mendapat penghargaan Dukcapil Prima dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) dengan kategori Aktivasi ldentitas Kependudukan Digital (IKD) tertinggi tingkat Kabupaten di Wilayah Timur lndonesia.

Penghargaan ini diterima dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tahun 2024 Dukcapil Se-lndonesia yang dilaksanakan tanggal 27-29 Februari 2024 di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, yang dihadiri 1.200 lebih peserta secara luring dari Jajaran Dukcapil Pusat, Dukcapil Provinsi, Dukcapil Kabupaten /Kota, serta 1.500 lebih peserta secara Daring.

Atas penghargaan tersebut, Kepala Dinas Dukcapil Mimika, Slamet Sutejo menyampaikan terima kasih kepada Dirjen Dukcapil Kemendagri atas penghargaan yang telah diberikan.

“Kami sampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Bupati, Wakil Bupati dan Sekda yang terus memberikan support, arahan, dukungan, dan kebijakan strategis dalam meningkatkan Pelayanan Publik khususnya Adminduk kepada masyarakat Mimika serta dukungan dari DPRD Mimika selama ini juga sangat berarti,” ujarnya dalam rilis yang diterima salampapua.com, Rabu (28/2/2024).

Ia mengungkapkan, penghargaan tersebut juga didedikasikan kepada masyarakat yang telah berperan aktif dalam mendukung program Gerakan lndonesia Sadar Adminduk (GISA), khususnya aktivasi lKD yang dalam pekan ini sudah mencapai 14.768 orang.

“Jelas penghargaan ini akan menjadikan semangat untuk kami Dukcapil Mimika. Dengan ketulusan, kinerja dan dedikasi yang tinggi serta tidak berhenti berinovasi maka pelayanan publik di Mimika akan terus meningkat dan semakin baik kedepanya,” ungkapnya.

Sebelumnya Dukcapil Mimika juga pernah mendapat penghargaan untuk kategori Dukcapil BISA di Tanah Papua tahun 2022.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy