SALAM PAPUA (TIMIKA) - Lurah Kelurahan Wanagon, SP2, Distrik Mimika Baru, Yance Bonei menyebutkan bahwa penyaluran bantuan sosial (Bansos) pada 20 RT di Wanagon tidak tepat sasaran karena lebih banyak PNS dan Karyawan yang ikut menerimanya.

"Di Kelurahan Wanagon harusnya ada 500 KK yang pas menerima Bansos, namun yang paling banyak mendapatkan Bansos ialah PNS dan Karyawan. Kami punya datanya dan kami akan serahkan ke Dinsos yang mengelola data penerima Bansos ini," ungkapnya, Jumat (8/3/2024).

Atas persoalan ini, Yance meminta agar Dinsos mengembalikan data ke Kelurahan sehingga setiap Bansos yang disalurkan bisa tepat sasaran.

Selama ini pemerintah pusat berpikir data penerima Bansos diperoleh dari Kelurahan, padahal itu tidak benar, karena Kelurahan hanya membantu membagikannya kepada setiap penerima.

"Jangan berikan Bansos kepada orang-orang yang sudah mampu. Kenapa lebih banyak PNS dan Karyawan yang terima?" katanya.

Saat ini Kelurahan Wanagon akan melakukan pemutakhiran data warga guna mengetahui warga yang telah pindah, warga baru, dan warga yang telah meninggal dunia.

"Program kami selanjutnya melakukan pemutakhiran data warga. Pemutakhiran ini juga untuk mengetahui mana warga yang harus diberikan Bansos dan mana yang tidak dikategorikan penerima Bansos," tuturnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy