SALAM PAPUA (TIMIKA) - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika, dr. Antonius Pasulu,Sp.THT-KL,M.Kes mengungkapkan bahwa sejak bulan Januari hingga 19 Maret 2024 RSUD Mimika telah menangani 209 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) dan satu anak meninggal dunia.

Hal ini diungkapkan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika Dr Antonius Pasulu, Sp.THT-KL, M.Kes saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (19/3/2024).

Anton menjelaskan, perhari ini, Selasa (19/3/2024), terdapat empat pasien anak-anak dan satu pasien dewasa terkena DBD yang sementara masih dirawat di RSUD Mimika. Sementara untuk total pasien yang ditangani pada bulan Maret 2024 berjumlah 37 pasien.

“Untuk bulan Februari 2024, 99 pasien DBD yang ditangani dan di bulan Januari 73 pasien DBD. Memang ada peningkatan kasus di awal tahun 2024 ini, tapi kami berharap semoga kasus DBD bisa menurun,” ujar dr. Anton saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (19/3/2024).

Ia menjelaskan, sejauh ini penanganan pasien DBD dilakukan dengan baik, namun apabila terjadi peningkatan pasien maka pihaknya memiliki kendala dalam ketersediaan ruangan.

“Memang sempat kami sedikit kewalahan saat adanya peningkatan pasien, namun dapat kami atasi dengan baik,” jelasnya.

Saat ditanya terkait adanya pasien yang meninggal dunia karena kasus DBD, Dia mengaku pada bulan Januari terdapat satu anak pasien DBD yang meninggal dunia.

"Pada bulan Januari ada satu pasien anak yang dibawa ke RSUD sudah dalam keadaan kritis dan akhirnya meninggal dunia,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy