SALAM PAPUA (TIMIKA)-Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Mimika, Alex Tsenawatme mendesak, agar aparat kepolisian tindak tegas atau melakukan investigasi terhadap kasus dugaan kekerasan kepada warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kabupaten Mimika.

“Semua petugas di Lapas harus diinvestigasi termasuk Kepala Lapas juga. Jangan melakukan tindakan semena-mena. Mereka (warga binaan) ini juga punya hak asasi yang sama seperti masyarakat yang lain, dan dengan mereka ditahan saya rasa itu sudah menjadi hukuman untuk mereka,” ujarnya saat dihubungi salampapua.com, Selasa (14/5/2024).

Alex menegaskan, bagi oknum Lapas yang telah ditangkap atau telah terbukti terlibat, maka sepantasnya oknum tersebut dipecat secara tidak terhormat, sebab penyiksaan yang dilakukan bisa saja membekas dan menjadikan warga binaan lainnya menjadi trauma.

“Kejadian seperti ini, kami (Dewan) akan melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Lapas, karena apapun masalahnya tidak seharusnya ada kejadian seperti ini. Namanya saja warga binaan yah dibina bukan disiksa,” tegasnya.

Dirinya berharap, kejadian ini bisa menjadi atensi untuk semua pihak, terutama kepada pihak Kepolisian, dan harus bisa mengawasi aktivtas yang melanggar aturan.

“Dalam hal ini Kalapas harus tegas, harus dapat memantau kejadian-kejadian yang dilakukan para petugas. Jangan membiarkan hal yang salah terus terjadi,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi