SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala SMKN I Mimika Selsius E. Aron mengatakan bahwa SMK Negeri I Teknologi Rekayasa Mimika Kuala Kencana akan membuka Penerima Peserta Didik Baru yang akan dimulai pada 12 Juni 2024 dan tanpa dipungut biaya.

“Kami mulai buka pendaftaran pada 12 Juni dan kami buka gratis, jadi kepada lulusan SMP silakan datang Rabu untuk mengambil formulir,” ujarnya, Selasa (11/6/2024).

Ia menjelaskan, jurusan yang di sekolah ini ialah Teknologi Konstruksi dan Properti, Keahlian Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, serta Teknik Komputer dan Informatika.

Tahun ini SMK Negeri I Mimika yang memiliki 13 ruang kelas akan menerima kurang lebih 300 lebih.

“Anak-anak yang mendaftar akan kita lakukan tes lagi. Memang tidak semua yang kami terima, misalkan sekitar 400 lebih formulir yang keluar, nanti kita lakukan seleksi lagi sesuai kebutuhan sekolah,“ jelasnya.

Khusus untuk program keahlian alat berat, SMK Negeri 1 telah bekerja sama dengan PT Trakindo, maka setiap calon siswa yang memilih jurusan tersebut akan diseleksi juga oleh PT Trakindo, selanjutnya 24 anak yang lulus seleksi akan mengikuti kelas khusus.

“Kami kerja sama dengan banyak industri, kurang lebih 80 perusahaan, dan selama ini biasanya perusahaan tersebut datang berkunjung ke sekolah kami untuk menyosialisasikan tenaga kerja yang akan mereka rekrut, dan khusus lulusan Trakindo, sebagian besar langsung bekerja di Trakindo. Dua siswa kami sudah bekerja di Trakindo Banjarmasin dan Balikpapan,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy