SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pengurus Papua Youth Creative Hub (PYCH, sebelumnya disebut Papua Muda Inspiratif) Kabupaten Mimika menyebut ada tiga Dinas di lingkup Pemkab Mimika yang hingga saat ini masih menutup diri melibatkan PYCH dalam menjalankan program pembangunan di Mimika.

Ketua PYCH Mimika, Firsa Lokobal secara terang-terangan menyebutkan bahwa tiga Dinas dimaksud adalah Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop UMKM), Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) serta Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan.

Tiga Dinas ini disebut tidak pernah melibatkan PYCH dalam menjalankan programnya, padahal dinas-dinas ini sangat berkaitan erat dalam pengembangan anak muda.

"Tiga Dinas ini yang sampai saat ini tidak mau merangkul kami dan menutup diri. Dinas-dinas lainnya sangat bagus dan mau bekerja sama dengan kami," ungkap Firsa, Kamis (6/6/2024).

Untuk itu, PYCH Mimika berharap agar Plt Bupati Mimika Johannes Rettob dapat mengarahkan tiga Dinas dimaksud agar bisa bekerja sama dengan anak muda Papua di Timika. Disampaikan bahwa PYCH telah berkolaborasi dengan Dinas lainnya sejak 2021 dan masih banyak program yang PYCH bisa kerjakan bersama.

"Kami sangat berharap kepada Bapak Plt Bupati supaya bisa arahkan tiga Dinas tersebut. PYCH di tanah Papua dibentuk berdasarkan Keppres nomor 9 tahun 2020 agar dilibatkan dalam pembangunan. Kami ada jalankan semua bidang di dinas lainnya seperti Disperindag, Dinas Perikanan, DLH, Dinkes, Peternakan dan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) itu sangat bagus, tapi kenapa tiga Dinas itu selalu menutup diri?" ujarnya.

Seperti diketahui, PYCH merupakan gerakan Pemberdayaan Papua Muda Kreatif di Kabupaten Mimika yang bekerja di bawah naungan Yayasan Papua Bina Nusantara dengan SK Nomor 009/SK-PYCH. MOV/III/2024 tentang pengangkatan pengurus tingkat Kabupaten dan Kota PYCH periode 2023-2026.

Gema PYC HUB ini mulai terdengar di Papua saat mengundang Presiden Joko Widodo untuk meresmikan gedung PYCH di Jayapura, pada 21 Maret 2023 lalu.

"Kami akan ketemu Bapak Plt Bupati lagi dan sudah sampaikan melalui pesan WhatsApp," jelasnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy