SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dua pelajar asal Kabupaten Nabire, Papua Tengah, atas nama Joe Bayden Imanuel Kalem dan Bergitha Rabania Dimara berhasil terpilih menjadi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional Tahun 2024.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah kemudian secara resmi melepas dua Calon anggota Paskibraka Nasional Tahun 2024 tersebut yang dilakukan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Provinsi Papua Tengah, Ausilius Youw dan dihadiri 38 calon anggota Paskibraka Provinsi Papua Tengah, yang berlangsung di Aula Kantor Gubernur Papua Tengah, Nabire, Kamis (11/6/2024).

“Atas nama pribadi dan Pemprov Papua Tengah mengucapkan selamat kepada adik-adik yang menjadi calon Paskibraka tingkat nasional perwakilan Provinsi Papua Tengah. Semoga adik-adik sukses mengikuti kegiatan pemusatan pendidikan dan pelatihan di Jakarta,” ungkap Ausilius Yauw dalam sambutan Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk.

Ia berharap agar kedua utusan Provinsi Papua Tengah mampu menjadi pengibar Bendera Sang Merah Putih terbaik ketika mendapat amanah. Selain itu kedua perwakilan anggota Paskibaraka dapat mengharumkan nama Provinsi Papua Tengah.

“Menjadi anggota Paskibraka tingkat Nasional bukan hanya sekedar ikut dalam barisan pengibaran bendera, melainkan harus memiliki capaian tertentu yaitu terlibat aktif dalam barisan pengibaran dengan menjadi pasukan pengibar bendera, pemegang baki atau menjadi komandan barisan. Besar harapan kami adik-adik menjadi ujung tombak dalam membangun persatuan bangsa, pertahankanlah kedekatan, persaudaraan dan kekompakan ketika kalian semua melangkah ke depan, menapaki perjalanan karir menuju masa depan yang lebih baik,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, Ausius menyampaikan rasa bangganya kepada generasi muda Provinsi Papua Tengah yang mampu mengikuti seleksi hingga terpilih menjadi calon anggota Paskibraka Nasional. Ia berpesan agar selama masa latihan dapat menunjukan sikap perilaku yang baik dan mengharumkan daerahnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Provinsi Papua Tengah, Thepilius Lukas Ayomi menuturkan, setelah pelepasan ini dilaksanakan, kedua calon anggota Paskibraka asal Provinsi Papua Tengah ini akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti pemusatan latihan.

“Besok, kedua calon anggota Paskibraka ini akan kami berangkatkan ke Jakarta. Semua akomodasi keberangkatan ditanggung Provinsi Papua Tengah,” jelasnya.

Luka Ayomi menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas capaian kedua pelajar asal Nabire ini. Ia juga berharap keduanya akan menjadi panutan bagi adik-adik mereka di Provinsi Papua Tengah.

“Tentu ini adalah kebanggaan kita dan saya optimis prestasi ini ikut memotivasi generasi muda lainnya. Teruslah kalian berprestasi dan mengharumkan nama daerah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Joe Bayden Imanuel Kalem (16) merupakan pelajar kelas X di SMA Kristen Anak Panah Nabire dan Bergitha Rabania Dimara (16) pelajar kelas X di SMA YPPK Asdiluhur Nabire.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy