SALAM PAPUA (SORONG)- (Pulau Doom (Dum) merupakan salah satu pulau unik yang sarat nilai sejarah di Sorong, Papua Barat Daya. Pulau ini menawarkan panorama alam yang menawan dan menarik untuk dijelajahi saat berada di tanah papua.

Wisata bahari di Kepulauan Papua memang tidak ada habisnya untuk dikunjungi. Tak terkecuali dengan Pulau Doom Papua Barat Daya yang berada di pulau kecil dekat Kota Sorong. Keindahan pantai dengan pasir putihnya yang tampak berkilau ini wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda.

Selain menikmati pesona pantai yang disajikan, wisatawan juga dapat mencoba beberapa fasilitas lain yang ditawarkan oleh beberapa penduduk pulau tersebut. Wisatawan yang mengunjungi pantai ini dijamin akan betah berlama-lama karena suasana pantai tersebut sangat nyaman.

Berikut ini ada beberapa informasi mengenai tempat wisata yang eksotis dan mempesona ini. Mulai dari harga tiket, rute perjalanan, hingga penginapan terdekat yang dapat Anda pilih untuk bermalam di pulau ini. Informasi ini dapat Anda jadikan sebagai referensi sebelum mendatangi lokasi wisata pulau yang menawan ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Doom

Kaya Akan Nilai Sejarah

Selain terkenal akan keindahan wisata baharinya, Pulau Doom juga terkenal sebagai wisata sejarah yang banyak diminati oleh wisatawan asing. Kota yang dulunya sebagai pusat ekonomi pada masa Belanda ini, kini meninggalkan beberapa cerita yang menarik banyak perhatian.

Sejak tahun 1800 kolonial Belanda menempati pulau ini, dan menjadikannya sebagai pusat ekonomi hingga pusat kota pada masa itu. Karena menjadi sebuah inti dari segala aktivitas pemerintahan dan perekonomian, maka pembangunan beberapa fasilitas pun digencarkan.

Tak heran jika beberapa fasilitas umum di sekitar Pulau Doom Papua Barat saat ini terlihat lebih unggul dari pada kota lain. Termasuk juga pasokan listrik yang menerangi saat malam hari tiba, dapat Anda lihat pulau tersebut akan tampak lebih terang daripada daerah lainnya.

Bangunan Peninggalan Belanda

Tidak hanya Belanda saja yang pernah merasakan tinggal di pulau yang memiliki banyak pohon sukun tersebut, namun Jepang juga pernah merasakannya. Lebih tepatnya pada masa Perang Dunia II, Sekutu dari Jepang membangun beberapa benteng pertahanan di pulau ini.

Karena pernah menjadi tempat penting bagi kedua negara tersebut, maka tak heran ada banyak bangunan peninggalan yang tersebar di berbagai wilayahnya. Mulai dari tempat ibadah, kantor pemerintahan, hingga beberapa gedung yang sampai saat ini masih di fungsikan.

Memiliki kondisi bangunan yang kokoh, beberapa fasilitas peninggalan kedua negara tersebut pun hingga saat ini masih berdiri dan menjadi ikon dari pulau tersebut. Bahkan ditemukan juga beberapa benteng pertahanan milik Sekutu yang masih nampak walau kondisinya yang sudah tak terawat.

Berada di Kota Sorong, Pulau Doom ini dapat dijangkau dengan menggunakan perahu atau kapal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Harga sewa kapal untuk menyeberangi lautannya pun cukup murah, apalagi jika jumlah penumpangnya semakin banyak.

Wisatawan yang berasal dari luar daerah, dapat menggunakan transportasi udara terlebih dahulu untuk dapat sampai di Kota Sorong, Papua Barat. Kemudian perjalanan akan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan umum yang dapat Anda temukan di sekitar bandara tersebut.

Keluar dari kawasan bandara, tujuan selanjutnya bagi Anda adalah sebuah dermaga kecil yang menjadi tempat berlabuhnya beberapa kapal untuk para wisatawan. Melewati Jalan Basuki Rahmat yang berada tepat di depan bandara, perjalanan Anda akan dilanjutkan dengan melalui sebuah jalan menuju pusat kota.

Setelah melalui Jalan Ahmad Yani yang terhubung dengan jalan pertama sebelumnya, Anda akan melewati keramaian pusat Kota Sorong dengan segala aktivitasnya. Beberapa gedung dari pabrik akan terlihat di sisi jalannya, kota ini merupakan roda perekonomian bagi masyarakat Papua Barat.

Perjalanan yang tidak memakan waktu cukup lama tersebut, akan berakhir pada sebuah dermaga kecil yang sering kali disebut sebagai halte. Kemudian Anda bisa memilih berbagai macam kapal yang akan digunakan untuk sampai ke Pulau Doom.

Untuk harga tiket memasuki kawasan pulau, wisatawan dari luar daerah dan mancanegara dikenakan biaya sekitar Rp 100.000. Harga tersebut berlaku untuk hari Senin hingga hari Minggu, ini berarti tidak ada biaya khusus yang harus dibayarkan ketika Anda berkunjung saat weekend.

Harga tiket masuk tersebut tentu tidak terlalu mahal bagi Anda yang sering travelling di berbagai daerah khususnya di kawasan Papua. Mengingat pulau ini akan menyajikan pemandangan khas dan beberapa wisata sejarah yang dapat menambah wawasan Anda.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

1. Berkunjung di Pantai

Saat mengunjungi Pulau Doom, tak lengkap rasanya jika tidak mampir ke wisata pantainya yang berpasir putih dan memiliki batuan karang yang indah. Kawasan pantai dengan ombak yang tidak terlalu besar, membuat lokasi tersebut aman untuk melakukan kegiatan berenang.

Selain itu, kegiatan lain seperti berjemur di pinggiran pantai dapat Anda lakukan saat pagi menjelang siang hari. Bermain pasir yang ada di pantai tersebut juga termasuk hal seru yang bisa Anda lakuan dengan keluarga atau teman.

2. Berkeliling Pulau Doom Menggunakan Becak

Wisatawan yang berkunjung di pulau eksotis ini dapat menemukan beberapa warga yang menyediakan becak untuk berkeliling. Dengan harga yang cukup terjangkau, becak ini akan membawa Anda menyusuri jalanan pulau tersebut yang hanya memiliki luas 5 km.

 

Selain itu, mengelilingi pulau dengan menggunakan becak dapat mengurangi rasa pegal pada kaki Anda. Anda tidak perlu lagi berjalan kaki untuk sampai ke wisata lain di Pulau Doom, cukup menggunakan becak yang memiliki beragam warna tersebut.

3. Menikmati Kuliner Khas Sorong

Karena terdapat banyak rumah makan di kawasan pulau tersebut, Anda dapat memesan beberapa menu sajian khas Kota Sorong. Sembari menikmati kelezatan makanan, Anda dapat memandang keindahan lautan lepas yang berwarna agak kehijauan.

Di salah satu pasar tradisional yang ada di pulau tersebut, Anda juga dapat membeli beragam oleh-oleh berupa camilan untuk dibawa pulang. Jangan sampai lupa menyiapkan budget khusus untuk mencicipi kuliner dan membeli oleh-oleh khas dari Kota Sorong ini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Pulau Doom ini sudah termasuk kota dengan perkembangan yang maju, dimana dapat Anda temukan banyak fasilitas umum bagi warga maupun wisatawan. Salah satu fasilitas tersebut adalah tempat ibadah bagi umat Muslim dan Nasrani. Salah satu gerejanya pun merupakan bangunan peninggalan dari Belanda.

Selain itu, wisatawan yang mencari hidangan untuk makan siang atau makan malam, perlu mencoba hidangan yang disajikan oleh beberapa rumah makan di pulau tersebut. Menu yang disajikan pun beragam, mulai dari menu khas daerah Sorong atau Papua Barat, hingga menu berkelas internasional.

Fasilitas lain seperti pasar tradisional atau toko souvenir dapat Anda temukan di salah satu sudut dari pulau tersebut. Dengan membeli buah tangan dari hasil kerajinan masyarakat sekitar, souvenir hingga peralatan rumah tangga bisa Anda bawa pulang untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Itulah beberapa informasi mengenai kawasan wisata Pulau Doom Papua Barat. Berkunjung satu hari saja, rasanya tidak cukup untuk dapat berkeliling menyusuri setiap sudut keindahan dari pulau tersebut. Oleh karena itu, pulau ini wajib masuk dalam daftar kunjungan wisata Anda. (Celebes.co)

Editor: Sianturi