SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pangkalan TNI AL (Lanal) Timika menggelar upacara puncak HUT ke-79 TNI AL tahun 2024, yang dirangkaikan dengan potong tumpeng sebagai simbol syukuran.

Upacara yang diperingati setiap tanggal 10 September ini digelar di Kantor Perwakilan Lanal Timika dan Rumdis TNI AL, Jalan Freeport Lama, Selasa (10/9/2024) dipimpin Danlanal Timika, Letnan Kolonel (Letkol) Laut (P), Benedictus Hery.

Pantauan Salampapua.com, upacara puncak HUT TNI AL dan potong tumpeng ini dihadiri oleh Penjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto dan sejumlah pimpinan TNI-Polri yang ada di Timika serta tamu undangan lainnya.

Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danlanal Timika, memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Laut atas profesionalitas, dedikasi, dan militansinya dalam setiap pelaksanaan tugas.

Rakyat dan bangsa Indonesia bangga memiliki Angkatan Laut yang profesional dan modern sebagai penjaga kedaulatan bangsa dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta pelindung Bangsa Indonesia dari segala ancaman dan gangguan khususnya di wilayah laut Indonesia.

Lanjut Danlanal Timika, upacara hari jadi ke-79 TNI Angkatan Laut tahun 2024 ini mengusung tema ”Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju”.

Momentum bersejarah ini melambangkan tranformasi organisasi TNI Angkatan Laut menuju organisasi yang semakin modern dan mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan strategis yang dinamis.

TNI Angkatan Laut sebagai simbol kejayaan kekuatan laut nasional hendaknya dapat bersikap adaptif terhadap segala perkembangan lingkungan strategis, termasuk teknologi yang menyertainya demi keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa kita.

"Untuk itu, saya berharap profesionalisme TNI AL dapat selalu dijaga dan ditingkatkan dalam menghadapi berbagai tantangan global dan nasional,"harapnya.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi