SALAM PAPUA (TIMIKA) - Jalan masuk pasar SP 1 Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, rusak, berlubang dan saat hujan terjadi genangan.

Kondisi ini dikeluhkan para pedagang yang berjualan di sekitar pasar tersebut.

Warga yang bertempat tinggal di area jalan masuk Pasar SP1, Putri mengatakan bahwa kerusakan jalan mulai dari perempatan masuk hingga sepanjang jalan SP1, sudah sejak dua tahun belakangan namun belum ada perbaikan hingga saat ini.

“Kita sudah menyurat ke Kelurahan tapi belum ada tanggapan juga padahal masyarakat banyak bolak-balik di jalan ini, kan ada sekolah juga di dalam,” ujarnya kepada salampapua.com, Rabu (29/3/2023).

Salah seorang pedagang Linda mengaku tidak nyaman dengan kondisi jalan rusak dan penuh dengan kubangan saat musim hujan.

“Kami kan jualan di bawah, jadi kalau kendaraan kencang becek naik semua di kita punya jualan, lubang juga dalam, pernah juga ada yang jatuh. Jadi kendaraan harus pelan-pelan kalau masuk,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mimika, Robert Mayaut mengatakan bahwa jalan tersebut merupakan tanggungjawab Provinsi.

“Jalan tersebut belum masuk jalan Kabupaten, sehingga perbaikan masih tanggung jawab pihak Provinsi. Kita tidak mungkin mengerjakan pekerjaan yang bukan aset kita,” ujarnya usai Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi C DPRD Kabupaten Mimika, Rabu (29/3/2023).

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy