SALAM PAPUA (TIMIKA) - Polda Papua melalui Ops Rasaka Cartens 2023 yang difasilitasi Polres Mimika bekerjasama dengan Pemkab Mimika, dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes), melaksanakan layanan kesehatan dan pengobatan gratis bagi seluruh masyarakat Mimika.

Layanan kesehatan dan pengobatan gratis yang berlangsung hingga Desember 2023 ini, dilaksanakan di halaman kantor Pelayanan Polres Mimika dan resmi dilaunching Kamis (30/3/2023) dengan nama  “Posko Pelayanan Kesehatan Keladi Sagu Polres Mimika-Pemkab Mimika Ops Rasaka Cartens 2023 Polda Papua”.

Dirbinmas Polda Papua, Kombes Pol. Gatot Aris Purbaya menyampaikan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan yang bersifat kemanusiaan. Diketahui, di Papua secara keseluruhan banyak masalah kesehatan, sehingga layanan kesehatan juga menjadi konsentrasi operasi Rasaka Cartens dimulai Februari-Desember 2023.

“Kita akan cek dan lakukan evaluasi tiap tiga bulan. Saya ucapkan terimakasih kepada Dinkes Mimika, sangat luar biasa telah menginisiasi dan Polres Mimika yang memfasilitasi,” ungkap Gatot.

Ke depannya Ops Rasaka Cartens juga akan berupaya menggandeng bidang lain seperti Pendidikan dan Ekonomi untuk mendorong Papua yang lebih maju menyambut DOB.

“Intinya kita bersama berpacu mensejahterakan masyarakat di semua bidang dan dimulai dari bidang kesehatan. Kita tidak mau lagi di masa yang makin maju ini masih ada stunting. Kalau masih ada stunting siapa yang salah? Makanya mari kita sama-sama menangani ini,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Mimika, Reynold Ubra mengatakan bahwa pos terpadu Keladi Sagu ini merupakan pos pelayanan agar bagaimana Pemkab Mimika dan Polda Papua melalui Polres Mimika bisa bersinergi memberikan pelayanan kesehatan di Mimika melalui isu strategis nasional, di antaranya stunting yaitu melalui upaya perbaikan gizi.

Melalui pos terpadu yang ada, bisa melakukan pendeteksian, mengukur dan menimbang badan balita serta Ibu hamil. Kemudian isu berkaitan dengan malaria yaitu bagaimana mengeliminasi malaria di tahun 2023.

Paket layanan yang dilakukan di Posko Keladi Sagu adalah deteksi dini hipertensi, deteksi malaria, deteksi demam berdarah, layanan imunisasi dan pemberian makanan tambahan.

“Layanan di Posko ini cukup komplit, karena selain mendeteksi stunting, juga ada pemberian makanan tambahan. Yang dilayani di sini, nanti akan berkelanjutan di Puskesmas, bahkan melibatkan Bhabinkamtibmas,” ujarnya.

Selanjutnya juga ada upaya pemberantasan sarang nyamuk. Sebab selain fokus kepada pengobatan, yang paling penting adalah bagaimana berupaya mencegah dengan cara menjaga kebersihan lingkungan tinggal masyarakat melalui pemberantasan sarang nyamuk.

“Layanan ini merupakan kolaborasi yang sangat baik. Kami yakin masyarakat akan banyak yang datang di Posko ini, karena semuanya gratis,” tutur Reynold.

Pantauan salampapua.com, lunching Posko layanan kesehatan Keladi Sagu ini dihadiri Wakapolda Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat dan Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo didampingi Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra.

Wartawan: Acik

Editor: Jimmy