SALAM PAPUA (TIMIKA) – Sebanyak 3.138 Siswa SMA dan SMK di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, mulai mengikuti Ujian Sekolah (US) tahun ajaran 2022/2023, Selasa (11/4/2023).

Plt Kepala Dinas Pendidikan Mimika, Willem Naa menyampaikan bahwa 3.138 siswa tersebut berada di 17 SMA dan 23 SMK. US akan dilaksanakan hingga tanggal 18 April 2023 dengan 28 mata pelajaran yang akan diuji, di antaranya agama, seni budaya, PKN, Bahasa Indonesia, Fisika, Biologi, Geografi, Sosiologi dan Matematika. Untuk Matematika dibagi yaitu matematika peminatan, matematika umum, sejarah peminatan bagi yang jurusan IPA dan IPS.

“Siswa SMA yang ikut US sebanyak 1.508 dan SMK sebanyak 1.630. Jadi jumlah siswa yang ikut US sebanyak 3.138. Hari ini Plt Bupati Mimika yang buka kegiatan US. Saya dan semua pejabat akan lakukan pengawasan ke semua sekolah sampai hari terakhir US,” ungkap Willem.

Diharapkan agar panitia pelaksana US bertanggungjawab dan memastikan ujian bisa berjalan dengan lancar.

Pantauan salampapua.com, US dibuka secara resmi di SMA Negeri 4 Jalan Poros SP5 Timika oleh Plt. Bupati Mimika, Johanes Rettob,S.Sos,M.M.

Plt Bupati Mimika yang akrab disapa John Rettob ini dalam sambutannya berharap agar seluruh  siswa-siswi SMA/SMK di Mimika dapat menjalani US dengan baik, serta dapat menempuh pendidikan yang lebih tinggi ataupun diterima bekerja untuk menunjang masa depannya.

John mengatakan, siswa-siswi yang sementara melaksanakan US sangat butuh dukungan moril dari orang tua masing-masing serta para guru di sekolah yang selalu memberikan pendampingan secara langsung. Hal ini agar siswa dapat mengerjakan soal dengan penuh percaya diri, sehingga bisa mendapatkan nilai yang bagus dan lulus 100%.

"Itu yang kita harapkan. Kalau selama ini semua siswa bisa naik kelas, maka hasil US juga harus lulus 100%. Saya berharap semuanya bisa mengikuti ujian dengan baik dan serius. Jangan lupa para pengawas juga harus benar-benar memperhatikan kelancaran ujian,” ungkapnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy