SALAM PAPUA (TIMIKA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni Persero) Cabang Timika, Papua Tengah, menyiapkan tiga armada kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada mudik Lebaran tahun 2023.

Kepala PT Pelni (Persero) Timika, Rahmansyah Chaidir mengatakan, untuk mudik Lebaran 2023 pihaknya memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang sekitar 10 persen, dimana daerah yang dilewati armada KM Tatamailau yakni Tual, Kaimana, dan Fak-Fak.

“Kita sudah antisipasi dari bulan Maret, Karena KM Lauser tidak beroperasi ditarik ke Semarang, Sampit dan Kumai, jadi yang kita siapkan armada KM Tatamailau, KM Sirimau dan Printis 75,” ujarnya kepada salampapua.com, Kamis (13/4/2023).

Menurut Rahmansyah, dengan menyiapkan tiga armada kapal, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan mudik, di mana pihaknya menyesuaikan dengan tiket kapal sehingga dipastikan semua mendapatkan tiket.

“Tanggal 4 April kemarin KM Sirimau sudah jalan dengan mengangkut 900 penumpang, kalau dibandingkan memang lebih banyak penumpang Natal dan Tahun Baru,” ungkapnya.

Pihaknya memprediksi lonjakan penumpang akan terjadi pada tanggal 19 April mendatang khususnya untuk penumpang KM Tatamailau sehingga diharapkan para penumpang dapat membeli tiket dari jauh-jauh hari.

“Untuk mengantisipasi lonjakan dan penumpang ilegal kami sudah bekerja sama dengan pihak keamanan yang ada di pelabuhan yang akan menjaga di setiap pintu masuk kapal,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy