SALAM PAPUA (TIMIKA) - Guna terwujudnya penyusunan laporan yang baik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Papua Tengah, menggelar sosialisasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun Anggaran 2023, yang dilaksanakan di Hotel Resto 66 Timika, Kamis (13/4/2023).

Plt Bupati Mimika Johannes Rettob dalam sambutannya mengatakan, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Mimika harus menyusun LPPD secara baik dan benar, dimana harus ada  komitmen dari masing-masing Kepala OPD.

“LPPD kita selalu menurun, ini karena OPD selalu santai tidak pernah mau kasih masuk data yang baik. Percuma ada program kalau datanya tidak diberikan, sama saja seperti tidak melakukan apa-apa. Harus ada komitmen (Kepala OPD), sebelum program selesai laporannya sudah selesai,” tegssnya.

Pria yang akrab disapa John Rettob ini meminta agar tim Kabupaten Mimika lebih serius mempertahankan kinerjanya, bahkan dirinya akan turut mendukung kinerja tim agar segera melengkapi datanya.

“Laporan seperti ini yang membuat kita terlihat tidak bekerja, kalau perlu nanti saya yang telepon OPD-OPD untuk memberikan data. Kita APBD terbesar ke-5 tapi tidak ada hasilnya,” ungkapnya.

John mengungkapkan, Bidang Pendidikan yang mendapatkan anggaran 25 persen dari APBD pun memiliki presentasi nol.

“25% dari Rp 5 triliun sekitar Rp 1 triliun, kenapa presentasinya nol? Itu karena tidak ada data yang dilaporkan. Saya sangat kecewa sekali dengan laporan kita, dari dua tahun yang lalu juga laporan nol,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy