SALAM PAPUA (TIMIKA) - Menjelang Perayaan Paskah sejumlah Pemuda Maluku Satu Rasa Salam Sarane (M1R) Timika melibatkan diri membersihkan lingkungan Gereja.

Sebagaimana pada Minggu (2/4/2023), para pemuda yang tergabung dalam komunitas M1R tersebut terpantau sedang membersihkan lingkungan Gereja GPI Torsina Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Ketua Pemuda M1R Timika Stevi Mairuhu mengatakan bahwa pemuda M1R terdiri dari dua keyakinan yaitu Islam dan Kristen.

"Kegiatan bakti sosial (Baksos) pemuda lintas agama ini merupakan bukti bahwa Ikatan kekeluargaan antar kami masyarakat Maluku erat, tidak pernah mengganggu relasi persaudaraan di antara warga kendati berbeda agama dan kepercayaan sekalipun," ujarnya di sela-sela kegiatan.

Dikatakan bahwa kegiatan Baksos seperti ini sudah berjalan sejak awal Bulan Ramadhan dan akan terus berjalan hingga perayaan Idul Fitri mendatang bahkan di hari-hari besar lainnya.

Menurut dia, kegiatan seperti ini merupakan suatu upaya dalam membangun solidaritas antar umat beragama yang perlu terus dihidupkan di kalangan kaum muda sebagai ciri khas budaya Indonesia.

“Jadi sehari sebelum Ramadhan kita sudah membersihkan masjid Babusalam (Timika) juga, dan bukan hanya Baksos, tapi kita juga nanti akan melakukan pengamanan di saat Shalat Idul Fitri,” jelasnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy