SALAM PAPUA (TIMIKA) – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) yang dilaksanakan di halaman gedung Eme Neme Yauware Timika, Sabtu (15/4/2023), yang bertujuan untuk stabilisasi pasokan harga bahan pangan pokok murah menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2023.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika, Yulius Koga mengatakan bahwa GPM di bulan ini telah dilakukan sebanyak empat kali dengan lokasi pelaksanaan di SP1, SP3, Mapurjaya dan terakhir di halaman gedung Eme Neme Yauware. Namun pihaknya akan selalu menggelar pasar murah dua kali dalam sebulan.

“Eme Neme ini lokasi terakhir di bulan menjelang Hari Raya Idul Fitri, untuk teman-teman muslim yang sedang menyiapkan Hari Raya,” ujarnya usai membuka kegiatan GPM, Sabtu (15/4/2023).

Yulius mengungkapkan, anggaran yang dikeluarkan untuk kegiatan GPM di empat lokasi tersebut sebanyak Rp 500 juta.

“Sebenarnya anggarannya untuk dua kegiatan yang kita gabung, untuk pasar murah dengan anggaran Rp 150 juta sisanya untuk anggaran GPM,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Mimika Riyadi Muslim mengatakan bahwa pihaknya selalu mendukung pemerintah daerah dengan selalu ikut mengambil bagian dalam gerakan pasar murah maupun GPM yang tujuannya untuk pengendalian harga di Kabupaten Mimika.

“Untuk saat ini kita menyiapkan beras premium 2,5 Ton, beras medium 1,5 ton, minyak goreng 1.500 liter dan gula 1,5 ton. Kita memberikan harga terbaik kepada warga yang sedang mempersiapkan hari Raya,” ujarnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy