SALAM PAPUA (TIMIKA) – Politeknik Amamapare Timika, Papua Tengah, kembali menambah satu lagi Program Studi (Prodi) baru yakni Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Otomotif berdasarkan Surat Keputusan Mendikbudristek RI Nomor 53/D/OT/2023 tanggal 23 Februari 2023.

Sebelumnya Politeknik Amamapare Timika telah menerima izin dua Prodi Sarjana Terapan lainnya, yakni Prodi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Internet berdasarkan Surat Keputusan Mendikbudristek RI Nomor 208/D/OT/2021 tanggal 1 Desember 2021 dan Prodi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik berdasarkan Surat Keputusan Mendikbudristek RI Nomor 311/D/OT/2022 tanggal 18 Oktober 2022.

Untuk itu, saat ini Politeknik Amamapare Timika telah melaksanakan Lima Program Studi, yakni:

1.       1. Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Internet (bergelar S.Tr.T)

2.       2. Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik (bergelar S.Tr.T)

3.       3. Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Otomotif (bergelar S.Tr.T)

4.       4. Diploma 3 Teknik Sipil (bergelar A.Md.T)

5.       5. Diploma 3 Teknik Pertambangan (bergelar A.Md.T)

Untuk dua Prodi yang berjenjang Diploma 3 di atas, saat ini Politeknik Amamapare Timika sedang dalam proses pengajuan izin Prodi Sarjana Terapan sebagai peningkatan dari jenjang Diploma 3 tersebut, yakni Prodi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil, serta Prodi Sarjana Terapan Teknologi Eksplorasi Pertambangan.

Direktur Politeknik Amamapare Timika, Ir. Herman Dumatubun,S.T,M.T mengungkapkan, Politeknik Amamapare Timika merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) berbasis teknologi terapan di Provinsi Papua Tengah yang telah menapakan kakinya di Kabupaten Mimika selama 20 tahun lebih hingga saat ini, memiliki visi “Menjadi Politeknik yang Bermutu dan Terampil dalam Bidang Teknologi Terapan di Tanah Papua”.

Herman pun mengajak seluruh generasi muda, termasuk orang asli Papua secara khusus di Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan, serta tidak menutup kesempatan bagi SDM dari Provinsi lainnya di Tanah Papua, untuk melanjutkan studi di Politeknik Amamapare Timika dalam bidang teknologi terapan, demi membangun Tanah Papua ke depan.

Dia mengatakan bahwa semua Prodi di kampus yang dipimpinnya tersebut telah terakreditasi BAN PT, sehingga tidak perlu ragu dari sisi legalitasnya. Di samping itu, secara institusi, Politeknik Amamapare Timika juga merupakan satu-satunya kampus di Kabupaten Mimika yang saat ini telah terakreditasi BAN PT dengan nilai “Baik” berdasarkan SK Direktur Dewan Eksekutif BAN PT Nomor 190/SK/BAN-PT/Ak/PT/III/2023.

“Politeknik Amamapare Timika merupakan Perguruan Tinggi Vokasi yang didirikan di atas Tanah Papua, dari Papua untuk pembangunan Tanah Papua. Untuk itu kami mengajak pada generasi penerus di Tanah Papua agar melanjutkan studinya di Politeknik Amamapare Timika, sehingga tidak perlu lagi jauh-jauh ke luar Papua yang harus meninggalkan keluarga dan pekerjaan serta dapat menelan biaya yang begitu besar,” ungkapnya.

Saat ini Politeknik Amamapare Timika telah membuka pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023/2024 Gelombang I, yang secara rinci persyaratannya dapat dilihat pada brosur melalui akses online di: https://bit.ly/brosurPMBPAT2023 (sesuaikan huruf besar dan kecil)

Sementara untuk pendaftaran dapat dilakukan secara online di: https://pmb.pat.ac.id (akses melalui handphone) atau datang langsung ke kampus Politeknik Amamapare Timika, Jl. C. Heatubun Kwamki Baru, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, pada jam kantor: 13.00 WIT – 18.00 WIT (CP. Frederick; HP: 0811499120).

Editor: Jimmy