SALAM PAPUA (TIMIKA) - Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Mimika Baru (Miru) menggelar pleno terbuka untuk 3 daerah pemilihan (Dapil) bersama Partai Politik (Parpol) yang dilakukan secara bergiliran di kantor KPU Mimika jalan Irigasi Timika, Papua Tengah, Sabtu (1/4/2023).

Ketua KPU Kabupaten Mimika Indra Ebang Ola mengatakan, Pleno terbuka tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti hasil dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

“Jadi hasil dari pencoklitan dan penelitian Pantarlih di Distrik Miru kita plenokan hari ini. Hasilnya itu terdiri dari tingkat kelurahan dan kampung, dengan pengawasan Pemilu di tingkat kelurahan dan kampung juga,” ujarnya saat ditemui di kantor KPU Mimika.

Indra menambahkan, Pleno ini juga dilakukan untuk mendapatkan data yang berkualitas, yang akan ditetapkan sebagai data pemilih tetap di Kabupaten Mimika untuk Pemilu tahun 2024.

“Dari Pleno ini kemudian kita akan mengetahui dinamika dan perkembangan data Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) kemudian direkap ke formulir Perubahan sehingga nanti terjadi perbaikan-perbaikan data-data penduduk yang mengalami migrasi," jelasnya.

Sementara itu Ketua PPD Miru, Thomas Edisin Pigai mengungkapkan bahwa tiga pleno yang berlangsung hari ini berjalan dengan baik.

“Hari ini plenonya lancar-lancar saja, dari Parpol juga tidak ada komplain. Semoga nantinya pemilihan suara di tahun 2024 berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy