SALAM PAPUA (TIMIKA) – Dalam rangkaian Ibadah Jumat Agung, Jumat (7/4/2023), ratusan umat Katolik Gereja Katedral Tiga Raja di Jalan Yos Sudarso  Timika, Papua Tengah, mengikuti prosesi Jalan Salib untuk mengenang kesengsaraan Yesus Kristus di Kayu Salib.

Teatrikal Jalan Salib ini dilakukan oleh para pemuda Katolik Gereja Katedral Tiga Raja Timika, dan tampak ratusan umat Katolik baik dewasa maupun anak-anak menyaksikan peragaan kisah penyaliban Yesus Kristus dengan khidmat.

Dikisahkan dalam peragaan tersebut, menurut ajaran Kristen dan Katolik, bagaimana Yesus Kristus dikhianati oleh muridNya sendiri yakni Yudas Iskariot hingga akhirnya ditangkap dan disiksa oleh tentara Romawi. Usai disiksa, diperagakan juga bagaimana Yesus Kristus memikul tiang salibNya kemudian berjalan menuju bukit Golgota yang dalam peragaan tersebut digambarkan di gedung Gereja Katolik Katedral Tiga Raja.

Pada saat prosesi tersebut, terpantau banyak umat katolik yang meneteskan air mata saat melihat peragaan Yesus Kristus yang berjalan memikul salibNya sembari sesekali dipukuli oleh tentara Romawi.

Prosesi pun diakhiri di Gereja Katolik Katedral Tiga Raja dengan adegan saat Maria Ibu Yesus memangku Yesus Kristus yang diturunkan dari kayu Salib dan dilanjutkan dengan Ibadah Jumat Agung.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy