SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023, yang dilaksanakan di lapangan upacara pusat Pemkab Mimika jalan Poros Kuala Kencana SP3 Timika, Selasa pagi (2/4/2023).

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, Petrus Yumte selaku inspektur upacara saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, menyampaikan bahwa kurikulum merdeka belajar harus terus dimajukan dan yang penting menekankan pada pembelajaran yang mendalam serta mengembangkan karakter dan kompetensi anak didik.

“Hari ini bukti bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan belajar di Mimika,” ujarnya.

Dikatakan, para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan bebas bersama Platform Merdeka Mengajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat dengan berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka Belajar.

Merdeka Belajar di tahun ketiga telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia. Kemendikbudristek menghadirkan Kurikulum Merdeka, berawal dari upaya membantu para guru dan murid di masa pandemi Covid-19, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini Kurikulum Merdeka Belajar sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan.

Dari segi pendanaan, pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi sekarang jauh lebih terbuka. Dukungan dana untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi.

"Saudara-saudariku, mari kita ingat bahwa bersama-sama kita telah membuat sejarah baru dengan gerakan Merdeka Belajar," tutupnya.

Dalam peringatan Hardiknas itu juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan oleh anak-anak dari tiap-tiap sekolah dengan tari-tarian adat, pertunjukan drum band dan paduan suara serta berbagai penampilan lainnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy