SALAM PAPUA (TIMIKA) – Ratusan guru Taman Kanak-Kanak perwakilan 10 Gugus di Kabupaten Mimika merayakan HUT Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-73 tahun 2023, Senin (22/5/2023).

Pantauan salampapua.com, perayaan HUT IGTKI ke-73 ini mengangkat tema “73 Tahun IGTKI PGRI Mengabdi untuk Negeri Menyelenggarakan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Guru Taman Kanak-Kanak yang Profesional dan Bermanfaat” dan Sub Tema “Dengan Semangat HUT IGTKI PGRI ke-73 Kita Suksekan Merdeka Mengajar Menuju Tercapainya Merdeka Bermain Bagi Anak-Anak TK di Mimika.”

“Daya kreatif dan kreasi yang mereka tampilkan sangat luar biasa. Ada sektar 300 lebih guru yang hadir mewakili 10 gugus dan semuanya berbaur penuh semangat,” ungkap Ketua IGTKI Mimika, Anthonetha Manuhutu,S.Pd.

Anthonetha mengatakan, perayaan HUT ini dirangkaikan dengan lomba yel-yel, cipta lagu dan gerak, isi kain sarung, isi air dalam wadah, lomba gawang mini dan goyang.

“Lomba-lomba ini sudah digelar selama lima hari berturut-turut dan pemenangnya diumumkan di puncak acara,” katanya.

Sedangkan Sekretaris Dinas Pendidikan Mimika, Fransiskus Bokeyau saat hadir pada kegiatan tersebut memberi apresiasi kepada seluruh guru TK. Menurut dia menjadi guru TK bukan profesi yang gampang karena harus pandai dan kreatif untuk membentuk karakter anak-anak usia dini. Menjadi guru harus benar-benar kreatif dan profesional untuk memahami dan mendalami karakter anak agar bisa menciptakan generasi-generasi yang handal di masa depan.

Diharapkan ke depannya, TK di Mimika terus bergerak maju bersama-sama mendidik generasi penerus yang cerdas.

“Tema yang diangkat saat ini sangat luar biasa. Berarti untuk membentuk karakter anak atau generasi penerus itu tergantung pada guru yang kreatif dan profesional,” tuturnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy