SALAM PAPUA (TIMIKA) - The Karaka’s Timika menggelar berbagai kegiatan untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-14, salah satunya dengan merangkul berbagai pihak untuk membersihkan Kota Timika, Sabtu (20/5/2023).

Kegiatan yang berpusat di parkiran Eme Neme Yauware ini dihadiri 25 Komunitas seperti di antaranya Maximus Gladiator, KNPI, Kamgas, PETA Care, Old Star, dan Komunitas lainnya.

Ketua The Karaka’s Timika, Fredy Magai mengatakan bahwa dengan merayakan HUT ke-14 ini dilakukan dengan banyak kegiatan seperti pembersihan di 6 titik Kota Timika, makan gratis di Eme Neme Yauware dan adanya hiburan dari musisi-musisi Timika.

“Kegiatan ini kita ajak 25 komunitas, kita lakukan kegiatan dengan penuh kasih dengan hati yang bersih, dari itu kita memulai kegiatan dengan membersihkan kota Timika, kita juga mengajak anak-anak musisi di Timika yang nantinya akan menghibur dalam kegiatan HUT The Karaka’s,” ujarnya.

Fredy juga mengucapkan terima kasih kepada Maximus Tipagau yang sudah mendukung penuh kegiatan HUT The Karaka’s tersebut.

“Memang Tuhan pake (pakai) Pak Maximus sehingga mau mensupport kegiatan kami. Banyak yang mau menyumbang tapi karena pak Max memiliki hati yang besar untuk peduli akan kebersihan Kota Timika, kita hanya mengajak Tim Maximus Gladiator dan kita menerima dengan baik kebesaran hati beliau,” ungkapnya.

Sementara itu Maximus Tipagau saat membuka kegiatan mengatakan bahwa komunitasnya akan terus mendukung dan melibatkan diri dalam kegiatan yang bersifat pembersihan lingkungan demi menjaga kesehatan lingkungan.

“Saya akan terus mendukung kegiatan yang bersifat membersihkan lingkungan karena dengan lingkungan yang bersih akan menciptakan manusia yang bersih,” ujarnya.

Max yang merupakan sponsor kegiatan HUT The Karaka’s ini juga menjelaskan bahwa dirinya tidak berhenti memperhatikan kesehatan lingkungan Kota Mimika, sehingga kegiatan pembersihan lingkungan terus ia kerjakan.

“Bukan hari ini saja, bukan berhenti sampai hari ini tapi saya akan terus melakukan kegiatan seperti ini, seperti misi Pemkab Mimika yang ingin menciptakan lingkungan yang bersih,” tuturnya.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan seperti ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat Mimika, dan sekaligus dapat mendorong masyarakat untuk sadar akan kesehatan lingkungan.

“Ini bukan demi kepentingan diri sendri tapi demi lingkungan yang sehat. Dari hal kecil seperti ini yang nanti bisa menciptakan hal-hal besar lainnya. Saya berharap semua masyarakat bisa mencontoh kegiatan-kegiatan positif seperti ini,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Mimika, Aleks Tsenawatme saat ditemui di sela-sela kegiatan pembersihan lingkungan di Jalan Baru Timika mengatakan bahwa dirinya sangat bangga dan mendukung dengan Komunitas yang bisa melakukan hal-hal positif dan bisa menjadi contoh bagi masyarakat di Kabupaten Mimika.

“Saya bangga sekali. Saya sebagai bagian dari Pemerintah, saya meminta kepada Dinas terkait untuk mendukung kegiatan seperti ini, kegiatan yang mengedukasi masyarakat, bukan hanya tugas perorangan tapi ini tugas kita bersama,” ujarnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy