SALAM PAPUA (TIMIKA) - Komunitas Sadar Gangguan (Sagu) Jiwa sejak dibukanya pendaftaran pada 2 Mei 2023 hingga 6 Mei 2023, telah memfasilitasi 61 Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) untuk melakukan tes kesehatan kejiwaan atau yang juga sering disebut tes sehat rohani.

Hal ini diungkapkan Ketua Komunitas Sagu Jiwa, Herlina Suebu. Dia mengatakan, dari 61 Bacaleg yang melakukan tes kesehatan jiwa tersebut, terdiri dari calon anggota Majelis Rakyat Papua Tengah (MRPT) maupun DPRP dan Bacaleg dari Kabupaten Puncak.

“Jadi ini hari terakhir kita buka tesnya. Kita sebenarnya buka hanya untuk Kabupaten Mimika tetapi dari Kabupaten Puncak juga meminta tolong untuk difasilitasi. Kita niatnya hanya untuk membantu saja,” ujarnya saat ditemui di sekretariat Sagu Jiwa Mimika, di Jalan Busiri Timika, Sabtu (6/5/2023).

Herlina menjelaskan, biaya tes kesehatan kejiwaan Bacaleg sebesar Rp 1.600.000 per orang, yang mana pemeriksaan dilakukan oleh dua dokter spesialis kejiwaan dengan didampingi tiga asisten dari Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Abepura Jayapura, Provinsi Papua.

“Jadi Rp 1,6 juta itu kita bayarkan Rp 1 juta ke RSJD Abepura untuk satu Bacaleg sedangkan Rp 600 ribunya kita pake untuk akomodasi dokter dan asistennya selama berada di Timika,” jelasnya.

Dia menambahkan, hingga saat ini komunitas Sagu Jiwa tidak mendapatkan kendala meskipun ada kekurangan biaya dalam pelaksanaan tes kesehatan jiwa bagi Bacaleg tersebut.

“Jadi setelah Bacaleg melakukan tes tertulis tahap selanjutnya Bacaleg diwawancara oleh dokter dan langsung hasilnya dikeluarkan. Jadi kami tidak mendapati kendala, kalau untuk kekurangannya kami sagu jiwa siap menambahkan,” ujarnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy