SALAM PAPUA (TIMIKA) - Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Mimika akan menggelar Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) yang ke-11.

Ketua Panitia STQ Syarif Lacoro mengatakan, pembukaan STQ ini rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 19 Mei 2023 hingga 21 Mei 2023 dengan dua macam lomba sesuai panduan LPTQ pusat hingga ke daerah, yakni lomba tilawah tingkat dewasa dan tahfiz Qur'an untuk anak-anak golongan 1 juz, 5 juz 10 juz, 20 juz dan 30 juz.

Untuk lokasi pelaksanaan STQ ini rencananya dilaksanakan di dua tempat. Panggung utama pembukaan STQ ini yakni di aula Masjid Agung Babussalam Timika dan aula Masjid At-Taqwa Sempan Timika.

"Kami dari panitia pelaksana sudah siap untuk menggelar dan menyelenggarakan STQ, ini merupakan ajang seleksi bagi qori dan qoriah tingkat Kabupaten. Setelah itu para juara nanti akan bertanding ke level kedua yaitu STQ tingkat Provinsi yang akan digelar di Provinsi Papua," ujar Syarif saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (16/5/2023).

Syarif mengungkapkan, apabila dalam tahapan tingkat Provinsi qori dan qoriah dapat meraih hasil maksimal maka peserta akan mengikuti lomba tilawatil Qur'an tingkat nasional.

“Jadi memang kita masih terdaftar di Provinsi Papua, sehingga kalau nantinya peserta menang di tingkat Provinsi, peserta akan melanjutkan lombanya tingkat nasional,” jelasnya.

Hal ini menjadi target LPTQ Kabupaten Mimika, maka Syarif berharap masyarakat Kabupaten Mimika terutama umat muslim dapat memberikan dukungan penuh kepada para peserta.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Mimika yang sudah memberikan dukungan kepada panitia untuk pelaksanaan event tersebut.

“Kami panitia sangat berterimakasih kepada Pemda yang telah membantu dan mendukung dalam bantuan materi kepada event STQ ini,” ujarnya.

Dia menambahkan, setiap tahunnya kegiatan dua tahunan ini telah menghasilkan banyak kafilah terbaik serta berprestasi yang mewakili Kabupaten Mimika hingga di tingkat nasional.

"Jadi kemarin Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-29 ini tingkat Nasional, kami mengirim kafilah dari Mimika dan mendapatkan juara 1. Ada 6 cabang lomba dan tingkat nasional mendapatkan juara harapkan 3 hifzil Qur'an golongan 1 juz, ini sangat luar biasa prestasi kami," tutup Syarif.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy