SALAM PAPUA (TIMIKA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mimika akan melaksanakan sensus pertanian (ST) tahun 2023 pada bulan Juni-Juli 2023 mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala BPS Kabupaten Mimika, Ouceu Satyadipura saat membuka pelatihan bagi Mitra BPS Sensus Pertanian 2023 yang diselenggarakan di hotel Horison Ultima, Senin (22/5/2023).

Ouceu mengatakan, tujuan pelaksanaan sensus pertanian adalah untuk memperbaiki data tentang petani di Mimika secara lengkap. Setelah didapat profil petani, imbasnya akan terhimpun data petani yang bagus dan lengkap yang dapat digunakan untuk menyusun kebijakan pemerintah. Selain itu, melalui sensus ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Mimika.

“Jika kita temukan petani yang masih membuka usaha kecil-kecilan, tidak menutup kemungkinan pemerintah dapat memberikan bantuan untuk mengembangkan usaha mereka,” ujarnya.

Dia mengungkapkan sensus pertanian dilakukan setiap 10 tahun sekali, subsektor sensus tidak hanya menyasar pada pertanian tetapi juga perikanan, peternakan, perhutanan, budidaya tanaman hias, hortikultura, tanaman obat-obatan ataupun lainnya.

“Ada 3 sensus yang dilakukan setiap 10 tahun sekali, selain sensus pertanian, ada sensus ekonomi untuk semua usaha dan sensus penduduk,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa BPS Mimika telah menyiapkan pelaksanaan sensus yang melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas Perikanan, Dinas Pertanian dan Pangan serta Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Persiapan sendiri sudah kita lakukan, kita tinggal menuju implementasinya. Sekarang kita sudah ditahap pelatihan untuk mitra-mitra yang akan melakukan sensusnya langsung ke lapangan, ada 212 petugas yang akan diterjunkan dalam pelaksanaan sensus pertanian 2023” tuturnya.

Dia pun mengimbau agar masyarakat khususnya petani bisa memberikan data secara real ketika petugas datang.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy