SALAM PAPUA (TIMIKA) – Tumpukan sampah yang menutupi parit mengakibatkan air hujan tergenang di tengah jalan yang rusak hingga ke dalam halaman kantor Kelurahan dan SD Inpres Koperapoka, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Saat ditemui salampapua.com, Ketua RT 01, Kelurahan Korapoka, Distrik Mimika Baru, Patrisius Wemiaupea mengaku kondisi tersebut sering terjadi saat hujan.

“Selama hujan turun kondisinya seperti ini. Air tergenang di tengah jalan yang rusak, di parit, bahkan hingga ke halaman sekolah dan kantor lurah,” ungkapnya, Jumat (19/5/2023).

Patrisius mengaku bahwa persoalan tersebut telah diusulkan saat Musrenbang kampung agar parit di sisi kiri dan kanan jalan diperbaiki, termasuk jalan yang rusak dan digenangi air telah diukur dan diusulkan ke Dinas terkait agar diaspal, namun belum juga direspon.

“Kami dengan pak Lurah sudah ukur bagian jalan yang rusak dan sudah diusulkan supaya bisa diaspal, tapi belum ada respon dari Dinas terkait. Sekarang pembuangan yang di depan sekolah sudah buntu. Dulu pembuangannya lancar, tapi karena sampah dan lumpur, makanya jadi buntu,” katanya.

Dia berharap agar usulan perbaikan jalan dan parit serta usulan lainnya bisa direspon secepatnya. Masyarakat pun diminta agar tertib membuang sampah.

“Kita ini di dalam wilayah kota, tapi kenapa modelnya begini?” tuturnya.

Wartawan: Acik

Editor: Jimmy