SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten Mimika melakukan pelepasan 182 rombongan calon jamaah haji Kabupaten Mimika tahun 1444 H/2023 M, yang dilaksanakan di Graha Eme Neme Yauware Timika, Senin (15/5/2023).

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Paulus Dumais dalam sambutan Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob, mengatakan bahwa keberangkatan 182 calon jamaah haji ini adalah momen kebahagiaan yang sudah ditunggu bertahun-tahun.

"Bapak-Ibu yang berangkat memenuhi panggilan ini agar menjaga kesehatan dengan baik. Dan saat berangkat lengkap maka kami harap pulang pun harus lengkap. Atas nama pemerintah daerah, mewakili Plt Bupati Mimika, secara resmi melepas keberangkatan jamaah calon haji Kabupaten Mimika,” tuturnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Mimika, Lukas Yasi dalam sambutannya. Dia mengatakan, ini adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu umat muslim dalam menunaikan ibadah hajinya di tanah suci Mekah.

Sesuai dengan undang-undang nomor 8 tahun 2019 tentang ibadah haji dan umroh, Kementerian Agama memberikan pembinaan, perlindungan jamaah haji dan jamaah umroh.

"Perjalanan Haji adalah perjalanan penuh dengan kenangan, penuh dengan tantangan karena semua penuh pengorbanan yang mana mendaftar dan menunggu bertahun-tahun," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Mimika menyerahkan bantuan dana secara simbolis melalui Asisten 1 Bidang Pemerintahan sebesar Rp 600.000.000 kepada Kantor Urusan Agama Mimika. Anggaran tersebut diperuntukkan bagi kegiatan 5 Agama di Mimika.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy