SALAM PAPUA (TIMIKA) - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika, Petrus Yumte mengatakan hampir setiap tahun Pemerintah Kabupaten Mimika menyediakan dana hibah untuk sejumlah organisasi bahkan instansi vertikal seperti yang baru-baru ini diberikan kepada Kementerian Agama Kabupaten Mimika sebesar Rp 600 juta.

Menurut Petrus, hibah yang disediakan setiap tahun tersebut adalah suatu hal yang penting untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan.

"(Dana) hibah ini bukan tidak boleh, bukan soal cukup atau tidak cukup tetapi itu perlu disiapkan oleh pemerintah (Daerah) untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang diselenggarakan oleh organisasi tertentu yang mengelola bagian dari tugas mereka," ujarnya saat ditemui di Hotel Grand Tembaga, Selasa (23/5/2023).

Dikatakan, beberapa organisasi seperti organisasi kepemudaan, olahraga, dan juga organisasi keagamaan sering kali turut melaksanakan sebagian fungsi dari urusan pemerintahan.

"Maka dari itu, ketika mereka melaksanakan kegiatan, ya pemerintah harus mendukung, dukungannya melalui dana hibah itu. Kemarin Kementerian Agama itu kan dia butuh dukungan juga dari kita dan terkait dengan pembinaan umat beragama. Umat beragama ini kalau dibilang baik, ya ada manfaat nya. Apalagi warga kita yang diurusi misalnya mereka harus memfasilitasi teman-teman muslim yang berangkat naik haji, itu kan harus didukung," ungkapnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy