SALAM PAPUA (TIMIKA) – Yayasan Anak Negeri Amungsa (YANA) mengaku telah resmi mendaftar ke Badan Kesauan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika, Selasa (23/5/2023).

Dibentuk tahun 2022, Yayasan yang diketuai oleh Julianus Janampa dan beranggotakan kaum intelektual suku Amungme ini, bertujuan untuk berpartisipasi membantu Pemerintah dan instansi lainnya dalam membangun Kabupaten Mimika.

“Hari ini kami dari YANA sudah daftar ke Kesbangpol. Berarti masyarakat perlu tahu bahwa kami bukan sekedar perkumpulan biasa tapi kami merupakan Yayasan yang lahir untuk ikut membangun Mimika. Tujuan kami murni untuk partisipasi membangun dan bukan untuk hal-hal lainnya,” ungkap Julianus saat bertandang ke redaksi salampapua.com.

Dia mengatakan, YANA lahir atas inisiatif anak asli suku Amungme agar bagaimana bisa bersama membantu persoalan pelayanan gereja, masyarakat dan masalah sosial lainnya di tengah kehidupan masyarakat.

“YANA ini dibentuk berawal dari diskusi bersama kami sebagai anak-anak Amungme,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Pengawas YANA, Eteron Bugaleng yang mengungkapkan bahwa ada  tiga bidang yang terakomodir dan siap dijalani YANA, yaitu bidang kemanusiaan, sosial dan keagamaan. Bidang-bidang ini dibentuk mengingat fakta yang terjadi saat ini lebih banyak yang hanya melihat hal-hal besar, namun melupakan hal-hal kecil.

“Kita mau melihat hal-hal kecil di tengah masyarakat yang sampai saat ini belum terakomodir dalam pelayanan pemerintah, gereja, YPMAK dan instansi lainnya. Memang banyak kelompok di suku Amungme tapi hanya melihat hal-hal besar, sedangkan hal-hal kecil yang menjadi keluhan masyarakat tidak diperhatikan,” ungkap Eteron.

Menurut dia, anak-anak Amungme dari Dumadama, Aroanop, Waa-Banti, Tsinga, Jila, Hoya, Alama Bela dan Agimuga serta wilayah pegunungan dan pesisir pantai berani berdiri dan bergabung dalam satu wadah khusus yaitu YANA, sehingga bisa bersama memperhatikan hal-hal kecil di tengah masyarakat.

“Puji Tuhan hari ini sudah terdaftar ke Kesbangpol dan legalitas lainnya sudah kami penuhi. Hari ini kami percayakan salampapua.com untuk publikasikan keberadaan kami agar seluruh masyarakat tahu,” ujarnya.

Lebih lanjut dia berharap kepada Pemerintah Daerah, YPMAK dan instansi lainnya agar dapat melibatkan YANA dalam menjalankan setiap program kemanusiaan, sosial dan keagamaan.

“Kami siap bermitra dengan semuanya dengan tujuan yang positif. Di dalam YANA ini merupakan anak-anak yang punya kemauan untuk membangun. Sekretariat YANA beralamat di Jalan Caritas, Kelurahan Wanagin, SP2 Timika,” tutupnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy