SALAM PAPUA (TIMIKA) - Anggota Komisi B DPRD Mimika, Lexi David Lintuuran mengatakan bahwa Almarhum Thom Beanal merupakan sosok yang inspiratif, bersahaja, humoris dan memberikan rasa adem bagi orang yang cinta akan kedamaian.

“Kalau seandainya beliau seorang Presiden, beliau Negarawan yang sangat baik, bisa memberikan solusi-solusi ketika ada konflik-konflik besar yang terjadi di Mimika, selalu memberikan hal-hal yang positif,” ujarnya kepada salampapua.com saat ditemui di Jalan Baru Timika, Kamis (1/6/2023).

Menurut Lexi, Almarhum Thom Beanal dulunya merupakan mantan anggota DPRD di Kabupaten Fak-Fak. Beliau sangat berjasa terhadap Papua, terlebih khusus dua suku besar Amungme dan Kamoro, karena perjuangan beliau, PT Freeport Indonesia (PTFI) memberikan dana 1 persen dari hasil produksi (atau dana kemitraan) kepada pemilik hak ulayat.

“Beliau ingin ada keadilan PTFI terhadap masyarakat pemilih hak ulayat, dan karena beliau, PTFI memberikan 1 persen kepada masyarakat Amungme dan Kamoro. Sejak itulah terjadi hubungan yang harmonis antara PTFI dan pemilik hak ulayat,” jelasnya.

Dia berharap, sepeninggalnya Thom Beanal, ada penerus-penerus baru penganti Thom, sehingga apa yang sudah dirintis oleh beliau dapat diteruskan.

“Semoga sosok Thom Beanal dapat menjadi inspirasi bagi tokoh muda Amungme dan Kamoro. Bercermin dari apa yang beliau sudah lakukan untuk Mimika, sekiranya itu bisa diteruskan dan dijaga,” harapnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy