SALAM PAPUA (TIMIKA) – Manajemen PT Freeport Indonesia (PTFI) menjemput jenazah mantan komisaris PTFI periode 2000-2018 Almarhum Thom Beanal di hanggar terminal baru Bandara Mozes Kilangin Timika, Kamis (1/6/2023).

Pantauan salampapua.com, usai menjemput di Bandara Mozes Kilangin, Manajemen PTFI yang dihadiri Direktur & EVP Sustainable PTFI Claus Wamafma dan EVP Site Operations atau Kepala Teknik Tambang PTFI Carl Tauran, bertempat di halaman kantor Keuskupan Timika, langsung menyerahkan jenazah pejuang perdamaian di tanah Papua itu kepada keluarga besar Beanal dan suku Amungme.

“Saya atas nama manajemen dan seluruh keluarga besar PTFI menyampaikan turut berdukacita yang sangat mendalam dengan terpanggilnya orang tua terkasih kita. Atas nama manajemen PTFI kami serahkan jenazah Bapak Thom Beanal kepada keluarga besar Amungme agar melanjutkan prosesi berikutnya,” ujar Carl Tauran.

Carl juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah membantu berjalannya prosesi penjemputan jenazah, sehingga dapat berjalan dengan baik dan damai.

Usai penyerahan jenazah, dua petinggi PTFI ini ikut memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah tokoh penting yang tutup usia saat menjalani perawatan di RS Elisabeth Singapore. Penghormatan terakhir dilakukan di dalam Kapela Keuskupan Timika diiringi Isak tangis duka keluarga Almarhum Thom Beanal.

Sementara itu perwakilan dari suku Amungme, Yohanes Kemong juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada PTFI yang telah peduli terhadap Almarhum, baik selama menjalani pengobatan saat mengalami sakit di Timika maupun hingga meninggal dunia dan jenazahnya tiba di Timika.

“Terimakasih kepada PTFI yang telah mengurus beliau selama pengobatan di Singapura, hingga hari ini jenazahnya tiba di Timika,” ungkap Yohanes disaksikan ratusan warga yang hadir untuk melayat tokoh pejuang anti kekerasan tersebut.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy