SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika, drh. Sabelina Fitriani mengatakan bahwa ketersediaan sapi dan kambing telah terpenuhi sedangkan stok domba masih sedikit untuk kebutuhan hewan kurban pada hari raya Idul Adha 2023.

“Hewan kurban tahun ini kita siapkan sapi 525 itu sudah dengan yang didatangkan dari Maluku, kambing 284 sedangkan untuk domba hanya 38 ekor. Memang sedikit stoknya untuk domba,” ujarnya saat ditemui di Puspem Kabupaten Mimika, Jalan Poros Kuala Kencana SP3 Timika, Senin (26/6/2023).

Dia juga memastikan kesehatan hewan kurban tersebut, dimana salah satunya adalah syarat penjualan hewan kurban di Timika harus menggunakan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

“Hewan-hewan yang dari Maluku telah dilakukan pemeriksaan lab, jadi sampelnya kita kirim ke Balai Besar Maros dan sudah diberikan SKKH, nantinya sebelum dilakukan pemotongan pun akan tetap diperiksa ulang, sehingga dipastikan hewan-hewan kurban ini tetap sehat,” jelasnya.

Untuk di Mimika sendiri masih sangat membutuhkan stok sapi lokal, sehingga tidak perlu membeli sapi dari luar. Dia pun berharap agar masyarakat di Mimika bisa mengembangkan peternakan sapi dan kambing.

“Setiap bulannya itu kita butuh sekitar 200 sapi, tetapi peternak sapi lokal kita tidak bisa memenuhi. Saya berharap masyarakat bisa mengembangkan peternakan sapi-sapi sehingga kita tidak perlu menggambil dari luar,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy