SALAM PAPUA (TIMIKA) – Puluhan pengurus Angkatan Muda Kemah Injil (AMKI) DPD II Kabupaten Puncak dan Kabupaten Mimika periode 2023-2027 resmi dilantik, pada Jumat (30/7/2023).

Deklarasi dan pelantikan pengurus DPD II ini dilaksanakan di halaman Graha Eme Neme Yauware Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, dengan mengangkat tema “Dari Honai Aku Melihat Wajah Tuhan Ku”, serta turut dihadiri Bupati Puncak Willem Wandik, beberapa Anggota DPRD Puncak, Ketua AMKI Pusat dan Pj Bupati Mimika yang diwakili Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Petrus Lewa Koten.

Ketua Panitia Deklarasi dan Pelantikan, Raim Uamang menjelaskan bahwa setelah dibentuk selama dua tahun, saat ini merupakan pertama kalinya diadakan pelantikan Ketua dan pengurus AMKI untuk DPD II yaitu Puncak dan Mimika. AMKI memiliki legalitas yang sangat kuat dan langsung terdaftar di Menkopolhukam RI sekaligus berdasarkan petunjuk DPD I enam Provinsi se-Tanah Papua.

“Tujuan adanya AMKI ialah untuk mempererat kebersamaan layaknya OKP-OKP lainnya se-Nusantara. Makanya kami OKP Gereja Kemah Injil DPD II ini dilantik untuk bersama-sama melakukan semua kegiatan, baik yang besar maupun yang kecil,” ungkap Raim.

Dia mengungkapkan, targetnya AMKI Gereja Kemah Injil Kabupaten Puncak dan Mimika ke depannya akan terus berkolaborasi sehingga dapat mengambil bagian dalam setiap program yang dijalankan oleh Pemerintah. Sebab dalam kepengurusan AMKI juga memiliki berbagai bidang dan telah punya programnya masing-masing, baik olahraga, ekonomi, kesehatan maupun bidang lainnya. AMKI lahir dari gereja sehingga hadirnya untuk meredam kekacauan, peperangan, pembunuhan serta menyelesaikan masalah lainnya secara bersama-sama.

“Intinya kita bermitra dengan pemerintah serta seluruh organisasi lainnya. Semua berbasis kemasyarakatan, semua bidang ada di dalam AMKI. Makanya sebelum pelantikan ini kita sudah melaksanakan pertandingan Futsal dari bidang olahraga,” katanya.

Sementara itu Bupati Puncak yang juga merupakan penasehat AMKI Pusat, Willem Wandik dalam sambutannya mengatakan, pelantikan AMKI merupakan maksud Tuhan bagi para Pemuda Kingmi untuk bisa maju dan menjadi sama dengan KNPI, PMKRI dan OKP lainnya yang merupakan organisasi nasional sehingga harus bekerja keras dan berusaha saling berbagi serta mengkaderkan kepemudaan.

“Dalam organisasi memang  gampang dibentuk namun pemeliharaannya membutuhkan kerja keras, kekompakan, saling berkoordinasi dan harus mendengar satu komando dalam pelayanan pekerjaan Tuhan. Organisasi AMKI menjadi pelengkap, ini adalah tentara keamanannya gereja Kingmi, karena gereja harus ada kelengkapan organisasi dan hari ini kami bangga,” ungkapnya.

Di samping itu, Willem juga menegaskan agar Pemuda jangan jadi penonton. Pemuda harus mengambil bagian dalam mendukung gerejaNya melayani semua orang serta harus selalu aktif dalam segala hal.

Wartawan: Acik

Editor: Jimmy