SALAM PAPUA (TIMIKA) –  Peringatan Hari Lahir Kepolisian Republik Indonesia (Polri) atau yang lebih dikenal dengan HUT Bhayangkara menjadi tradisi yang selalu diperingati di Indonesia setiap tanggal 1 Juli.

Tidak banyak yang tahu, HUT Bhayangkara juga ternyata menjadi momen sedih bagi seorang  Warakawuri (sebutan bagi isteri seorang anggota Polri yang telah Wafat).

Bagaimana tidak, momen ini memutar kembali memori seorang Warakawuri ketika mendampingi sang suami dalam mengemban tugas sebagai abdi negara.

“Kalau sudah jelang HUT Bhayangkara ingatan kembali ke sosok Almarhum. Biasanya HUT Bhayangkara ini saya sebagai istri selalu dampingi almarhum. Semuanya diingat kembali,” ungkap Ny  Ester Nunaki Anggaibak saat ditemui salampapua.com di aula Polsek Mimika Baru, Rabu (28/6/2023).

Tidak banyak yang dipaparkannya terkait sosok almarhum sang suami. Namun, usapan air mata menyiratkan betapa dalamnya rasa rindu bagi sang suami yang telah wafat di usia 65 tahun, tanggal 9 Juli 2018 lalu itu.

“Selain kepala keluarga, almarhum itu merupakan sosok Polisi yang baik dan mengayomi keluarga dan masyarakat,” ujarnya mengenang sang suami yang juga merupakan mantan Ketua DPRD Mimika periode 1999-2004 tersebut.

Menurut dia, menjadi anggota Polri merupakan anugerah yang luar biasa karena dalam mengemban tugasnya haruslah menjadi panutan bagi semua orang. Ia pun mendoakan agar Polri tetap Jaya.

Mengakhiri obrolannya bersama salampapua.com, Ny Ester Anggaibak menyampaikan ucapan terimakasih kepada Polres Mimika yang telah merangkaikan HUT Bhayangkara dengan menjumpai Warakawuri. Ia pun berharap agar ke depannya dibuat lebih banyak kegiatan seperti lomba-lomba agar semua Warakawuri bisa lebih akrab.

Situasi yang sama juga dirasakan beberapa Warakawuri lainnya yang hadir dalam kegiatan anjangsana menjelang HUT Bhayangkara ke-77 bersama Polres Mimika. Saat bertemu Warakawuri yang dominan telah lanjut usia ini bersalam-salaman, serta sesekali berpelukan dan saling mengusap air mata.

Untuk diketahui, menjelang HUT Bhayangkara ke-77, Polres Mimika melaksanakan berbagai kegiatan termasuk anjangsana ke beberapa Panti Asuhan di Timika serta membagi bingkisan kepada 46 Warakawuri.

Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra menyampaikan bahwa silaturahmi bersama Warakawuri ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian bahwa mereka semua masih menjadi bagian dari Polri sehingga kita berbagi kebahagiaan bersama.

“Ini dilaksanakan anjangsana dan mengunjungi panti asuhan di SP4, penyerahan bingkisan kepada Warakawuri, dan mengunjungi panti asuhan di SP2. Rangkaian HUT Bhayangkara ke-77 ini lebih kepada menjalin silaturahmi  bersama masyarakat. Tabur bunga akan dilaksanakan tanggal 30 Juni di Poumako,” ungkap AKBP Putra.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy