SALAM PAPUA (TIMIKA) - Wakil Direktur Bidang Program dan Monev Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme-Kamoro (YPMAK) Mimika, Nur Ihfa Karupukaro mengatakan bahwa Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) telah menggunakan pelayanan dengan sistem peserta BPJS dan YPMAK telah mendaftarkan 26.000 masyarakat asli Papua di Mimika menjadi peserta BPJS.

“Jadi BPJS ini kan program Pemerintah sehingga kami YPMAK mengikuti aturan pemerintah, dan kami sudah membantu pemerintah dengan mendaftarkan 26.000 masyarakat menjadi peserta BPJS,” ujarnya, Jumat (23/6/2023).

Ihfa berharap semua masyarakat Mimika terutama yang menjadi sasaran penerima bantuan dari YPMAK untuk terdaftar menjadi peserta BPJS.

Untuk semua peserta BPJS yang didaftarkan oleh YPMAK dan belum ditransfer ke JKN akan segera ditransfer, sehingga pembiayaan pemeriksaan kesehatannya juga bisa ditanggung oleh APBN dan APBD.

“Dari 26.000 peserta, 9.000 peserta sudah ditransfer ke Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jadi kami berharap masyarakat Mimika bisa terdaftar menjadi peserta BPJS,” tuturnya.

Dia mengungkapkan bahwa tujuan utama YPMAK menjadikan RSMM menggunakan sistem BPJS agar RSMM bisa menjadi mandiri, dan apabila ada selisih bayar saat memakai BPJS maka YPMAK yang akan membayarkan selisih tersebut. Untuk itu masyarakat tidak boleh takut dengan sistem yang baru tersebut.

“Jadi YPMAK ini kan tidak selamanya ada bahkan PTFI pun tidak selamanya ada, sehingga kita mengambil langkah seperti itu. Apabila masyarakat menjadi peserta BPJS maka otomatis mereka tetap memiliki jaminan kesehatan ke depannya, dan mereka bisa berobat ke Fasilitas Kesehatan yang lain di Timika,” ungkapnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy