SALAM PAPUA (TIMIKA) – Tujuh Fraksi DPRD Mimika menyetujui dengan beberapa catatan rekomendasi atas LKPJ Bupati Mimika dan Ranperda PP-APBD Mimika Tahun 2022 dalam rapat Paripurna IV Masa Sidang II, di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Jumat (28/7/2023).

Adapun Tujuh Fraksi di DPRD Mimika dimaksud adalah Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Golkar, Fraksi Nasdem, Fraksi PKB, Fraksi Gerindra, Fraksi Demokrat dan Fraksi Gabungan Persatuan Indonesia (Perindo-PSI).

Ketua DPRD Mimika, Anton Bukaleng mengatakan bahwa penetapan PP-APBD Mimika Tahun Anggaran 2022 telah rampung dibahas dan DPRD telah menyampaikan catatan rekomendasi atas LKPJ Bupati Mimika.

“Tujuan LKPJ ini untuk memberikan gambaran tingkat keberhasilan dalam melaksanakan kebijakan, program, kegiatan dan efisiensi penggunaan anggaran selama satu tahun. Setelah pembahasan selama tiga hari ini LKPJ Bupati telah menyajikan data dan informasi yang telah memenuhi kriteria layak secara regulasi maupun subtansi,” ujarnya.

Anton menjelaskan, dalam melaksanakan fungsi pengawasan, DPRD dapat memberikan catatan rekomendasi terhadap LKPJ yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas, produktivitas dan akuntabilitas penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

“Kami memberikan apresiasi terhadap prestasi keberhasilan beberapa kegiatan dalam penyelenggaraan program, namun demikian masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Saya berharap catatan-catatan yang kami rekomendasikan dapat menjadi acuan dalam perencanaan program dan kegiatan Tahun mendatang,” ucapnya.

Dirinya juga menegaskan, ada beberapa agenda penting dalam tahun 2023 yang perlu PJ Bupati Mimika ketahui, di antaranya pembahasan APBD Perubahan 2023, penyusunan APBD Tahun Anggaran 2024 dan pembentukan Peraturan Daerah non APBD Kabupaten Mimika.

“Kami berharap ke depannya Pemda Mimika dapat menyampaikan materi tepat waktu sehingga tidak mengganggu pembahasan dan pelaksanaan Paripurna, mengingat ke depan telah masuk dalam tahun Politik persiapan Pemilu legislatif 2024,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito dalam sambutannya mengatakan, sebagai pelaksana kebijakan pembangunan di Kabupaten Mimika, dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab akan menjadi prioritas dan perhatian dalam rangka memperbaiki dan menyempurnakan perencanaan serta pelaksanaan pembangunan di waktu-waktu mendatang.

“Saya menghargai kerjasama dan semangat kekeluargaan yang selama ini terjadi antara Dewan yang terhormat selaku lembaga legislatif. Semua catatan (rekomendasi) yang diberikan akan kami catat dengan baik dan menjadi perhatian serta motivasi agar pembangunan (di Kabupaten Mimika) semakin baik ke depan,” ujarnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy