SALAM PAPUA (TIMIKA) - Anggota Komisi C DPRD Mimika Herman Gafur menggelar reses tahap II tahun 2023 untuk menjaring aspirasi warga Kelurahan Otomona Distrik Mimika Baru, yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan Otomona, Kamis (6/7/2023).

Kegiatan reses ini dihadiri oleh kepala Kelurahan Otomona, Farida dan ketua-ketua RT serta warga Kelurahan Otomona.

Herman mengungkapkan, kedatangannya ke Kelurahan Otomona untuk mendengar langsung aspirasi warga dan juga agar bisa lebih dekat mengenal warga Otomona.

“Saya gelar reses di kantor baru ini agar bisa menjadi semangat kita, karena ini bukti dari perjuangan kita besama yang sudah menyelesaikan pembangunan kantor Kelurahan yang dulunya kantor hanya menyewa ruko. Ini juga tidak terlepas dari partisipasi masyarakat,” ujarnya.

Dia menjelaskan sebelumnya ada beberapa hasil reses yang telah terealisasi yaitu pengadaan dua unit motor sampah, sehingga masyarakat bisa menggunakannya untuk membersihkan lingkungan.

“Tahun ini juga kami menormalisasikan sungai di jalan Serui Mekar dan pekerjaan peningkatan jalan Sawito, serta adanya pembangunan Masjid dan rumah takbir, juga bantuan ke Gereja,” jelasnya.

Dalam sesi tanya-jawab, salah satu warga Jalan Kaimana, Wilem Gobay mengatakan bahwa warga masih sangat membutuhkan peningkatan jalan lingkungan. Pasalnya di lokasi tersebut jika musim hujan rumah warga sering terkena banjir.

Senada dengan Wilem, warga jalur VI, Andi Udin mengatakan wilayahnya membutuhkan perbaikan jalan, dan juga berharap ke depannya apabila ada bantuan motor tiga roga bisa dipakai secara bergantian setiap RT.

“Lorong kami itu butuh diaspal, jalan masuk sudah rusak sekali, paling tidak, bisa disemen dulu. Kalau pak Dewan mau bantu motor sampah bisa diatur juga pemakaiannya, atau pun pemberian truck atau pick up,” ujarnya.

Menjawab aspirasi warga, Herman mengatakan untuk lingkungan yang sehat merupakan tanggung jawab semua masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut, terkadang banjir itu datang dikarenakan drainase yang tersumber karena banyak sampah.

“Saya rasa kalau masalah drainase bisa diurus oleh masyarakat untuk saling bergotong-royong membersihkan. Jadi RT kalau warga tidak patuh dalam membersihkan lingkungan bisa langsung di tegur,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Dia menyumbangkan pengeras suara bagi Kelurahan Otomona agar saat kerja bakti nantinya bisa dipakai untuk memanggil warga, jadi warga bisa saling membantu.

“Saya rasa untuk perbaikan jalan akan saya dorong pembangunannya di tahun 2024. Kalau terkait truk atau pick up saya belum bisa menjanjikan karena itu permintaan yang besar. Tapi kalau bisa saya usulkan, akan saya dorong, yang jelasnya saya akan memberikan dua motor sampah,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy