SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kabupaten Mimika Abraham Raweyau mengatakan bahwa dengan melibatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai ekonomi kreatif dan produktif di daerah dapat menjadi salah satu faktor pendukung dalam meningkatkan ekonomi daerah itu sendiri.

“Saya pribadi sangat berterimakasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) yang telah melibatkan UMKM dalam kegiatan seperti ini sehingga menjadikan Pelaku UMKM lebih berkembang,” ujarnya usai mengikuti penutupan kegiatan Harkopnas ke-76 di Mimika yang diselenggarakan di lapangan Eme Neme Yauware Timika, Sabtu (22/7/2023).

Menurut Dia, UMKM di Mimika harus terus didorong dan diperkuat sehingga dapat meningkatkan Ekonomi Kabupaten Mimika. Pasalnya, UMKM di Timika belum banyak yang mengantongi Izin Berusaha.

“Inilah kenapa Pemda harus sering menggelar kegiatan-kegiatan yang melibatkan UMKM karena Pelaku UMKM di Mimika ini masih banyak yang belum memiliki izin. Dengan kegiatan seperti ini kan UMKM bisa dievaluasi, bisa kita berikan saran untuk membuat izin. Jadi usai kegiatan usahanya tetap berjalan,” tuturnya.

Di samping itu, Dia menambahkan bahwa Dinas Koperasi saat ini telah meluncurkan e-Katalog UMKM untuk mempermudah Pelaku UMKM dalam memasarkan Produk-Produk mereka.

“Saya rasa dengan e-Katalog UMKM dapat mempermudah marketing mereka. Jadi kan bisa diposting saja, tugas kita KADIN mempromosikan aplikasi e-Katalog UMKM itu,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy