SALAM PAPUA (TIMIKA) – Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Mimika Periode 2023-2026 resmi dilantik, yang kegiatannya diselenggarakan di gedung Eme Neme Yauware Timika, Kamis (27/7/2023).

Setelah melalui proses pemilihan, Leonardus Tumuka terpilih sebagai Ketua Pemuda Katolik Cabang Mimika periode 2023-2026 dan Sekretarisnya Apolinaris Letsoin.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Komda Papua Melianus Asso yang diawali dengan Misa yang dipimpin Pastor Yohanes Hariyoto SCJ dengan mengusung tema “Dengan Semangat Persaudaraan Kita Membangun Pemuda Katolik Untuk Tampil Ambil Bagian Dalam Berbagai Upaya Pembangunan Daerah Bangsa dan Negara” serta semboyan “Pro Eclesias Et Patria...!!” “ Probono Publico..!!”.

Dalam khotbah singkatnya Pastor asal Palembang, Sumatera Selatan ini mengungkapkan bahwa Semboyan Pro Eclesias Et Patria memiliki arti pemuda Katolik tidak membentuk negara katolik, tetapi pemuda Katolik itu ada dalam negara sehingga harus bekerja atau ambil bagian dalam berbagai upaya pembangunan daerah, bangsa dan negara, sedangkan Probono Publico berarti Pemuda Katolik ada untuk kebaikan bersama, bukan untuk kebaikan gereja saja.

Sementara Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang Mimika Terpilih, Leonardus Tumuka dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengurus Pemuda Katolik ini telah terbentuk cukup lama tapi karena ada kendala maka saat ini baru bisa dilaksanakan pelantikan. Mengingat selama ini pemuda Katolik vakum, maka setelah pelantikan kepengurusan ini nantinya akan ada aktivitas-aktivitas positif bagi kabupaten Mimika.

“Terimakasih kepada rekan-rekan panitia yang sudah mempersiapkan semuanya hingga bisa berjalan dengan baik. Mudah-mudahan setelah pelantikan hari ini kita bisa berbuat hal-hal yang positif untuk mendukung perubahan sosial bersama Pemkab Mimika,” ungkap Mantan Direktur Yayasan Caritas Timika Papua (YCTP) ini.

Sedangkan Ketua Komda Papua, Melianus Asso dalam sambutannya mengatakan, sebagai organisasi gereja dituntut untuk bekerja dan berpihak kepada kaum tertindas. Sebab gereja hadir untuk menjunjung dan menjaga umat, sehingga sebagai pengurus pemuda Katolik diharapkan senantiasa melindungi dan berpihak kepada masyarakat dimana pun ia berada. Di samping itu pemuda Katolik terkadang kekurangan wadah sehingga sangat diharapkan pemerintah bisa merangkul untuk bersama-sama membangun Mimika.

Melianus pun mengingatkan kepada Ketua terpilih dan seluruh jajarannya untuk menjadikan pemuda Katolik sebagai rumah bersama untuk mendiskusikan berbagai hal di Mimika.

“Pemuda Katolik harus jadi garda terdepan. Dengan semangat anak muda harus berjuang demi gereja, bangsa dan negara,” harapnya.

Pantauan salampapua.com, sebelum penyerahan bendera pataka kepengurusan, puluhan pengurus perwakilan masing-masing bidang ini sama-sama mengucapkan Tri Prasetya Pemuda Katolik, yang berjanji senantiasa setia pada pimpinan gereja dan negara, mendukung hari-hari depan gereja dan negara, berjanji tetap berjuang demi kepentingan gereja dan negara, serta berjanji selalu mengutamakan persatuan, kekeluargaan dan toleransi.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy