SALAM PAPUA (TIMIKA) – Politeknik Amamapare Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, menggelar Wisuda ke-XI tahun 2023 bagi 42 mahasiswa dan mahasiswa yang Lulus pada 4 Program Studi (Prodi), yang dilaksanakan di ruang pertemuan Hotel 66 Timika, Jumat (7/7/2023).

Wisuda yang didasarkan pada Surat Keputusan Direktur Politeknik Amamapare Timika Nomor 25/1.01.1.7/PAT/2023 ini meluluskan 14 mahasiswa untuk Prodi D3 Teknik Mesin, 7 mahasiswa untuk Prodi D3 Teknik Pertambangan, 10 mahasiswa untuk Prodi D3 Teknik Listrik, dan 11 mahasiswa untuk Prodi D3 Teknik Sipil, dimana para lulusan ini berhak atas gelar akademik Ahli Madya Teknik (A.Md.T).

Direktur Politeknik Amamapare Timika, Ir. Herman Dumatubun,S.T,M.T dalam pidatonya mengungkapkan, para lulusan Politeknik Amamapare Timika memiliki kompetensi dalam bidang teknologi terapan sesuai keahlian Prodinya yang siap bekerja di dunia usaha dan dunia industri.

Hal tersebut sesuai dengan Visi Politeknik Amamapare Timika yang ditetapkan sejak tahun 2022 yakni “menjadi Politeknik yang bermutu dan terampil dalam bidang teknologi  terapan di Tanah Papua”.

“Kami menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Vokasi berstandar Nasional, melaksanakan penelitian sebagai sumbangsih bagi perkembangan IPTEK, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaat ilmu teknologi dan teknologi terapan serta bekerjasama dengan mitra dunia usaha dan dunia industri dalam mendukung perkembangan berbasis teknologi terapan khususnya di Tanah Papua,” ungkapnya.

Herman menambahkan bahwa Politeknik Amamapare Timika saat ini telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), baik institusi maupun semua Prodinya. Hal ini menjadi dasar dan modal kampus yang berbasis teknologi terapan ini sehingga dapat menjadi pilihan masyarakat baik di Tanah Papua, khususnya di Kabupaten Mimika, dalam menciptakan SDM yang siap pakai dan mampu bersaing di era perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini.

Di samping itu, Dia juga mengungkapkan, saat ini Politeknik Amamapare Timika juga telah memiliki 5 Prodi yang terdiri dari 3 program S1 Terapan (S.Tr) yakni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Internet, S1 Terapan Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik, dan S1 Terapan Teknologi Rekasaya Otomotif, serta 2 program D3 yakni D3 Teknik Sipil dan D3 Teknik Pertambangan, yang mana kedua Prodi tersebut saat ini juga sementara dalam proses pengajuan peningkatan menjadi S1 Terapan Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil dan S1 Terapan Eksplorasi Pertambangan.

“Kami akan terus berinovasi dalam mempersiapkan lulusan di Tanah Papua untuk masa depan yang lebih baik. Saya berharap 42 wisudawan dan wisudawati ini menjadi bagian dari kebanggaan kami di antara para alumni kami lainnya,” tuturnya.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIV se-Tanah Papua, Dr. Suriel S. Mofu,S.Pd.,M.Ed.,TEFL.,M.Phil (oxon), yang menghadiri langsung acara Wisuda tersebut dalam sambutannya menegaskan bahwa Politeknik Amamapare Timika merupakan salah satu kampus yang berkualitas di Tanah Papua ini, yang secara eksistensi berada di Kabupaten Mimika.

Hal ini dibuktikan dengan adanya dosen-dosen di kampus tersebut yang telah memiliki kualifikasi berstandar nasional yakni telah memiliki jabatan fungsional dosen dan telah menjadi dosen profesional karena telah tersertifikasi dosen. Inilah yang menjadi dasar dan jaminan bahwa lulusannya tidak lagi diragukan keahliannya, di samping bahwa lulusan dari kampus yang legal ini memiliki Ijazah yang telah terstandarisasi secara nasional (memiliki PIN) sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, sehingga kualitas lulusannya dijamin oleh Negara.

“Sebuah Perguruan Tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) bukan dilihat dari gedungnya yang bagus tapi dilihat dari dosen-dosennya yang berkualitas, dan Politeknik Amamapare Timika merupakan kampus yang berkualitas karena dosen-dosennya telah memiliki jabatan fungsional dosen dan telah tersertifikasi sebagai dosen profesional. Itulah yang membuat lulusan dari kampus ini tidak boleh diragukan lagi keahliannya. Perlu diketahui bahwa Politeknik Amamapare Timika ini merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang resmi di bawah Kemendikbudristek RI dan berada di bawah koordinasi LLDikti Wilayah XIV se-Tanah Papua,” ujarnya.

Dalam berbagai wejangan yang disampaikan, orang nomor satu yang membawahi dan mengkoordinasi seluruh Perguruan Tinggi sebagai kepanjangan tangan Kemendikbudristek RI di Tanah Papua ini juga mengimbau kepada para lulusan agar dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki sesuai bidang keahlian Prodinya sehingga mampu berkontribusi sebagai pemberi solusi dalam berbagai kebutuhan di dunia usaha, dunia industri, maupun kebutuhan masyarakat pada umumnya.

“Secara logis dalam kehidupan ini hanya didasari pada dua hal yakni tahu atau tidak tahu. Tidak ada orang bodoh, yang ada adalah hanya karena dia belum tahu saja. Masalahnya jika kita malas tahu (tidak mau tahu, Red), itu yang akan menghambat masa depan kita. Untuk itu saya meminta kepada 42 lulusan dari Politeknik Amamapare Timika yang hari ini diwisuda agar terus memotivasi diri selalu belajar untuk menjadi tahu dalam berbagai hal agar mampu memberi jawaban dari berbagai permasalahan yang ada di dunia ini. Selamat kepada 42 mahasiswa dan mahasiswa Politeknik Amamapare Timika yang diwisuda hari ini, dan Bapak mau kasih tahu bahwa kamu semua pasti sukses,” tuturnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Kabupaten Mimika, Septinus Timang,S.Sos,M.H dalam sambuatan Pj Bupati Mimika mengatakan, hari ini menandakan bahwa Politeknik Amamapare Timika telah berhasil mendidik mahasiswa yang bermutu sehingga nanti ke depannya dapat turut membangun bangsa dan Negara terkhusus membangun Kabupaten Mimika.

“Saya berpesan jangan langsung berpuas diri dengan prestasi saat ini tapi jadikan prestasi ini sebagai semangat bagi pengembangan diri ke depannya sehingga bisa mendapatkan kepuasan akan apa yang telah dipelajari di Politeknik Amamapare Timika,” ujarnya.

Pantauan salampapua.com, tampak pula hadir pada kegiatan tersebut adalah Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra,S.H,S.I.K, perwakilan dari Corporate Communication PT Freeport Indonesia, para pimpinan PTS di Kabupaten Mimika, para tamu undangan, dan orang tua/wali para wisudawan dan wisudawati.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy