SALAM PAPUA (TIMIKA) - Tim Voli Putra Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP) meraih Juara 1 pada kejuaraan olahraga antar pelajar se-Papua Tengah tahun 2023 mewakili Kabupaten Mimika.

Dalam penjemputan Tim Voli Putra SATP di Bandara Baru Mozes Kilangin Timika dihadiri Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Mimika, Jacob Jantje Toisuta.

Dalam sambutannya Jacob mengatakan, pertandingan-pertandingan seperti ini tidak boleh hanya berhenti sampai di sini, tapi harus sering dilakukan agar mendapatkan bibit-bibit unggul yang terbaik untuk mewakili Kabupaten Mimika atau pun Provinsi Papua Tengah.

“Kita harus membicarakan kembali ke depannya untuk kejuaraan seperti ini terus dilakukan sehingga anak-anak bisa mendapat pembinaaan sejak usia dini,” ujarnya.

Dia pun berterimakasih kepada pihak SATP dalam hal ini Tim Voli Putra SATP yang sudah membawa nama baik Kabupaten Mimika karena meraih Juara Satu.

“Saya sangat mengapresiasi pihak SATP yang dapat mengajarkan anak-anak hingga mendapatkan juara, semua ini diperoleh dari ketekunan anak-anak di dalam asrama,” ungkapnya.

Sementara itu Pelatih Tim Voli SATP, Elifeled Awendu mengatakan bahwa Tim Voli yang disiapkan SATP merupakan anak-anak yang sudah memiliki bakat tersendiri. Dan untuk diketahui bahwa anak-anak yang mengikuti lomba tersebut merupakan anak-anak dari Pesisir Mimika.

“Kami di SATP sudah memiliki Ekstra Kurikuler Voli dan anak-anak sudah memiliki dasar pengetahuan Voli saat di Kampung, sehingga kami hanya mengasah mereka dalam pelajaran tambahan Voli,” ujarnya.

Saat bertanding kata Elifeled, Tim sempat mengalami kesulitan dalam hal kepercayaan dirinya, tapi saat diberikan motivasi Tim kembali percaya diri dan berhasil mengalahkan Tim Dogiyai.

“Sempat anak-anak mental jatuh tapi kami berikan motivasi dan dari pihak Pemkab Mimika juga memberikan nasehat sehingga anak-anak bisa kembali bermain dan mengalahkan Tim lainnya,” ungkapnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy