SALAM PAPUA (TIMIKA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika menggelar sosialisasi Pencegahan Penanggulangan Penyelamatan Kebakaran dan Non Kebakaran, yang dilaksanakan di Hotel Horison Ultima Timika, pada Kamis (3/8/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa perwakilan dari Dinas Sosial, warga Distrik Mimika Baru, dan juga insan pers dengan narasumber Instruktur dari Basarnas Adolof C Dimara.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Paulus Dumais dalam sambutan Pj Bupati Mimika mengatakan, kebakaran merupakan hal yang sangat tidak diingikan, tidak mengenal waktu, tempat atau siapapun yang menjadi korban, pencegahan dan penanggulangan serta penyelamatan diri dari bencana kebakaran adalah tindakan-tindakan yang dapat dilakukan untuk menghindar dari peristiwa yang mengancam masyarakat karena kelalaian manusia maupun faktor lain.

“Kebakaran ini sangat merugikan banyak pihak sehingga pencegahan dan penanggulangan masalah ini sangat penting kita lakukan sejak dini, kita bisa lakukan perencanaan darurat kebakaran,” ujarnya.

Masyarakat sebagai elemen utama yang merasakan bencana harus memiliki kemandirian dalam penanggulangan bencana karena kerugian yang diakibatkan oleh bencana alam maupun non alam, sangat ditentukan oleh persiapan, pengetahuan dan keterampilan masyarakat itu sendiri.

“Oleh karena itu, pengetahuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pencegahan kebakaran dan pemadaman kebakaran adalah pesan utama yang harus diketahui masyarakat. Saya berharap yang mengikuti kegiatan ini bisa mengikuti dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala BPBD Mimika, Yosias Losu mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kewaspadaan terhadap bencana yang tidak bisa diprediksi sehingga perlu disosialisasikan kepada masyarakat.

"Dan untuk para personel lebih siap lagi apa yang harus dilakukan, bagaimana cara menolong korban dan lain sebagainya yang menyangkut dengan bencana alam," tuturnya.

Menurut Yosias, selain materi, para peserta juga akan mempraktikan langsung yang akan diinstruksikan narasumber.

"Narasumber dari SAR, mereka (peserta) dapat materi dan akan dipraktikan langsung," jelasnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy